•   Senin, 18 November 2019
Kriminal

Pembobol Brankas Rp 71 Juta di TP Terkuak

( words)
Akbar (baju coklat garis berkacamata) memenuhi panggilan pemeriksaan di Mapolsek Tegalsari Surabaya, kemarin. Foto SP/N. Bakrie


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Upaya polisi untuk mengungkap identitas pembobol brankas di Toko Miniso Tunjungan Plasa (TP) 6 lantai 3, Jalan Basuki Rahmat Surabaya membuahkan hasil. Itu setelah polisi berhasil melacak nomor polisi (nopol) yang terekam CCTV sedang mengangkut kardus berisi brankas yang dicuri pelaku. Darisanalah, identitas driver mobil minibus warna putih itu pun ditemukan. Senin (29/1/2018) kemarin, sang driver sudah diperiksa penyidik.
Driver mobil minibus warna putih itu tiba di Mapolsek Tegalsari sekitar pukul 15.00 Wib. Driver pria berkacamata itu datang bersama seorang perempuan berjilbab. Dia datang dengan mobil Toyota Etios putih bernopol L 1763 FQ. Mobil itulah yang dipakai untuk mengangkut pelaku berikut kardus berisi brankas yang dicuri pelaku. Driver mobil itu diketahui bernama Akbar, warga Manukan Surabaya.
"Identitas pengemudi (driver) mobil yang mengangkut kardus berisi brankas yang dicuri pelaku itu, kami ketahui setelah kami berhasil mengidentifikasi nomor polisi mobil tersebut," kata Kapolsek Tegalsari, Kompol David Triyo Prasojo di dampingi Kanit Reskrim, Iptu Zainul Abidin.
Setelah menjalani pemeriksaan beberapa jam, Akbar, sang driver mobil itu langsung kembali ke rumahnya. "Jadi kami pastikan bahwa driver mobil ini tidak terlibat dalam pencurian brankas tersebut. Sebab driver ini merupakan driver taxi online yang dipesan oleh pelaku," tegas Kompol David.
Dari hasil pemeriksaan Akbar, penyidik Polsek Tegalsari akhirnya berhasil mengerucutkan siapa sebenarnya pelaku pembobolan brankas berisi uang 71 Juta itu. Sebab keterangan Akbar semakin menguatkan penyidik yang juga sebelumnya telah berhasil mengidentifikasi pelaku. "Sudah mengerucut siapa pelakunya. Tim kami sudah bergerak ke tempat persembunyian pelaku. Semoga pelaku dapat segera kami tangkap," beber Kompol David.
Sementara itu, dalam tanya jawab yang dilakukan Kompol David dengan Akbar diketahui bahwa pelaku meminta agar Akbar melipat kursi bagian belakang mobilnya. Setelah itu, pelaku meminta bantuan Akbar untuk mengangkat kardus coklat berisi brankas itu. Menurut Akbar, kardus itu berat sekali. Dan setelah brangkas dan pelakunya naik mobilnya, dia diminta mengantarkan ke sebuah tempat. Informasinya, tempat itu adalah Tol Sumo (Surabaya - Mojokerto).
Akbar bahkan baru mengetahui bahwa kardus yang dibawa penumpangnya (pelaku) itu, ternyata berisi brankas. Itu setelah dirinya melihat video rekaman CCTV dari media sosial facebook yang akhirnya viral. Karena merasa tidak terkait dengan kejahatan yang dilakukan pelaku, saat dirinya dihubungi Polsek Tegalsari, dirinya langsung kooperatif datang, meskipun Senin (29/1/2018) dirinya sedang off.
Diberitakan sebelumnya, peristiwa mengejutkan (pembobolan brankas) terjadi di TP. Meski rekaman CCTV yang beredar menunjukkan waktu kejadian adalah Minggu (31/12/2017) dini hari lalu. Namun, kabar itu baru mencuat ke media sosial, pada Minggu (28/1/2018). Dari rekaman CCTV terlihat bahwa pelaku hanya satu orang. Pelaku terekam di dalam mal sekitar pukul 02.00 dini hari. Pelaku bahkan terlihat beraksi dengan santai. Sebab pelaku berada di dalam mal sekitar satu jam lebih. Pelaku terlihat keluar bersama troli bermuatan sebuah kardus dan sebuah kertas yang diduga kertas notice.
Dari pantauan rekaman CCTV, pelaku terlihat menggunakan celana jeans, berjaket tanpa dikancing serta bersepatu cat putih. Diduga, kardus coklat yang dibawa pelaku diatas troli itu merupakan brankas uang yang dicurinya. Pelaku terlihat keluar dari mal sekitar pukul 03.00 Wib. Di luar, pelaku sudah ditunggu sebuah mobil minibus. Setelah itu, pelaku memasukkan kardus diduga berisi brankas tadi ke dalam mobil itu. n bkr

Berita Populer