•   Selasa, 22 Oktober 2019
Ekonomi NKRI

Pemerintah bakal Bangun Tiga Dermaga Baru di Bali

( words)
Pantai Sanur, Bali | Wikipedia


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Pemerintah dilaporkan mimiliki rencana mendirikan tiga dermaga anyar di Provinsi Bali pada tahun 2020 mendatang. Tiga dermaga itu sedianya direncanakan terletak di Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Nusa Penida dan Pelabuhan Nusa Lembongan.

Kebijakan ini diambil demi mendongkrak jasa layanan transportasi penyeberangan antarpulau di Provinsi Bali untuk mendorong keterhubungan dan sektor pariwisata.

Terkait hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kemenhub RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menggelar survei lapangan dan menemukan kenyataan, memang tiga derma di Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan, mutlak dibutuhkan.

"Ini tentang Sanur-Nusa Penida-Nusa Lembongan. Jadi, tiga dermaga dibangun sekaligus. Anggaran negara bakal kita kucurkan guna infrastruktur dasar. Namun, infrastruktur tambahan bakal kita wujudkan dengan KPBU(Kerjsama Pemerintah dengan Badan Usaha) bersama kalangan swasta sehingga bisa dikelola dengan profesional," cetus Budi Karya , Minggu (28/7/2019).

Budi memperkirakan, jumlah investasi untuk membangun satu dermaga di Bali tersebut adalah Rp500 miliar. Oleh sebab itu, dia mempunyai harapan, pembangunan tiga dermaga baru ini dapat kian memikat minat wisatawan yang berkunjung.

"Kami pantau di Sanur sangat potensial, namun belum dieksekusi dengan maksimal. Lantaran itu, dengan dibangunnya tiga dermaga ini diharapkan jasa layanan angkutan penyeberangan di Sanur juga kian semarak. Dengan begitu, wisatawan pun tertarik untuk berkunjung," Hara Budi.

Di samping membangun tiga proyek dermaga baru di Bali, pemerintah pun dilaporkan juga menaruh perhatian untuk mengembangkan dermaga-dermaga yang sudah ada di Provinsi Bali seperti Dermaga Tanah Ampo, Kabupaten Karangasem, Bali, serta Pelabuhan Cruise di Benoa, Bali.

Berita Populer