Pemerintah Siapkan Piala Presiden Esports untuk Mobile Legends

SURABAYAPAGI.com - Pemerintah akan menyelenggarakan Piala Presiden Esports yang memfasilitasi gamers untuk bertanding gim Mobile Legends melalui babak kualifikasi di 8 kota per Februari 2019 ini. Nantinya, tim terbaik dari masing-masing kota akan melaju ke Grand Final yang digelar di Istora Senayan Jakarta pada 30-31 Maret 2019.

Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL), Giring Ganesha, menyebutkan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini ditargetkan mampu menyedot animo dari 4.000 tim Mobile Legends di seluruh Indonesia. Giring juga menyebutkan bahwa Piala Presiden Esports ini sekaligus membuka peluang bagi pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menjaring talenta-talenta atlet esports muda yang bisa diikutkan dalam Asian Games atau Asian Para Games berikutnya.

"Nanti dari 4 ribu tim dari seluruh Indonesia akan disaring jadi 64 tim untuk 8 kota. Itu sudah yang terbaik di Indonesia. Pemerintah bisa mengidentifikasi pemain-pemain berpotensi," kata Giring dalam konferensi pers di Sekretariat Negara, Senin (28/1).

Sementara itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko, mendukung sepenuhnya gelaran kompetisi untuk para gamers Mobile Legends ini. Menurutnya, munculnya permainan daring sama halnya dengan munculnya lompatan teknologi yang terjadi pada satu dekade belakangan, seperti taksi daring, belanja daring, dan maraknya penggnaan media sosial. Presiden Jokowi, ujar Moeldoko, melihat kondisi ini sebagai peluang yang harus dierbut agar Indonesia bisa tampil di panggung dunia.

"Kita harus bisa manfaatkan ini. Semuanya serba digital. Jika tidak (kita) ikuti, kita akan ketinggalan. Awal dengar gagasan saya berpikir, ini barang apa. Apa asiknya nonton orang main games? Namun tenyata ada perubahan paradigma," kata Moeldoko.

Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) mencatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-16 sebagai pasar epsorts dunia dengan nilai pendapatan hingga 879,7 juta dolar AS. Potensi ini, ujar Moeldoko, harus ditarik ke arah yang positif termasuk dengan mendorong anak-anak muda gamers menyalurkan bakatnya untuk kompetisi yang menghasilkan prestasi.

Pendaftaran Piala Presiden Esports akan dibuka pada akhir Januari 2019 dengan babak kualifikasi dilakukan di delapan kota yakni Palembang, Denpasar, Surabaya, Makassar, Manado, Solo, Bekasi, dan Pontianak. Pecinta gim daring bisa mengunjungi situs https://iespl.id/pialapresiden untuk info lebih lanjut. Nantinya, tim terbaik dari masing-masing kota kualifikasi akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli ESPL untuk ikut bertanding di grand final di Jakarta.