Pemkab Magetan Tingkatkan Prokes Covid Jadi 5M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Jan 2021 11:43 WIB

Pemkab Magetan Tingkatkan Prokes Covid Jadi 5M

i

Sekda Magetan, Hergunadi. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Magetan - Satgas penanganan dan penanggulangan Covid-19 Magetan akan meningkatkan standar pencegahan menjadi 5M melalui protokol kesehatan yang makin ketat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-10 di Magetan, Rabu (13/1/2021).

Sekda Magetan, Hergunadi menjelaskan bahwa 5 M tersebut wajib di patuhi oleh warga di Magetan, diantaranya Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga: Belasan Warga di Magetan Diduga Terjangkit DBD, Mayoritas Dirawat di Rumah

“Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Tujuannya, agar penularan dan penyebaran Covid-19 tidak terus meroket,” katanya, usai memimpin rapat evaluasi di Pendopo Surya Graha.

Selain itu, pihaknya juga akan menekankan bahwa setiap OPD dan desa untuk membentuk posko Covid-19. Tujuannnya, mengantisipasi klaster perkantoran dan keluarga. Masing-masing OPD diharapkan menjadi percontohan penerapan Prokes (Protokol Kesehatan) bagi masyarakat.

Baca Juga: Ruko Alat Sekolah di Magetan Hangus Terbakar, Kerugian Telan 5 Juta Lebih

“Semua pihak harus bersinergi dan berkoordinasi aktif agar penanganan Covid-19 di Magetan bisa optimal,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan Magetan, Agus Yudi Purnomo menjelaskan bahwa akhir-akhir ini ada tren peningkatan pasien Covid-19. Angka itu juga diikuti oleh peningkatan pasien Covid-19 yang meninggal. Tren tersebut tidak hanya terjadi di Magetan namun terjadi di hampir seluruh Jawa Timur.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu Ditutup

“Semua pihak harus lebih meningkatkan penerapan protokol kesehatan, tidak cukup dengan 3M, tapi 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menjauhi kerumunan,” pungkasnya. Dsy12

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU