Pemkab Sumenep Lakukan Pemerataan Jalan Disejumlah Titik Kota

Pemerintah Kabupaten Sumenep lakukan pemerataan jalan di jalan Setiabudi.SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep PU. Bina Marga, melakukan pemerataan jalan di sejumlah titik yang ada di Kota Sumenep. Hal ini bertujuan untuk membantu para pejalan kaki dan abang becak yang melintasi jalan tersebut.

“Kasihan para abang becak dan pejalan kaki yang melintasi jalan berlubang, apalagi saat hujan turun, ruas jalan berlubang tersebut menambah becek, dan akhirnya jalan pun rusak. Jadi dilakukan pemeliharaan jalan dalam setiap tahunnya," ujar Hari pengawas pemerataan jalan saat dikonfirmasi di Jalan Setia Budi kota Sumenep (2/20).

Menurut Hari, pemerataan Jalan ini dilakukan menggunakan Asbuton, pasir alam berkarun dan berlapis plastik, “Jadi memang kita menjaga kualitas jalan supaya tidak cepat rusak, sebab kekuatan asbuton ini lebih bertahan lama, semakin kering semakin lengket dan kuat. Makanya dilakukan pemerataan jalan bukan seperti tambal sulam kepada jalan yang berlubang saja, tetapi jalan yang bergelombang dan retak dilapisi dan diratakan,” urainya.

Dikatakan Hari, ada beberapa titik yang sudah dikerjakan, salah satunya di Jalan Irama, Dr. Cipto, Setia Budi, dan beberapa ruas jalan yang rusak. Bahkan, sambung Hari, terdapat jalan nasional yang semestinya ditangani pemerintah pusat dan bukan wewenang pemerintah kabupaten, “Itu juga kita kerjakan sesuai dengan instruksi Bupati, karena ada di titik kota jadi kita melihat kota Sumenep, kita perbaiki seperti di stopan lampu kota, semestinya itu adalah wewenang pemerintah pusat, tapi kita kerjakan karena masyarakat tahunya pemerintah kabupaten,” tegasnya.

Saat ditanya mengenai anggaran yang dikeluarkan dalam pelaksanaan asbuton jalan, Hari mengaku tidak tahu.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU. Bina Marga Eri Susanto, tidak ada diruang kerjanya saat akan ditemui oleh surabaya pagi, (2/20).

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Jalan PU. Bina Marga Supriyadi, saat dihubungi via telepon pihaknya membenarkan jika ada sejumlah pemerataan jalan di sejumlah titik kota.

“Untuk lebih jelasnya nanti saya tunjukkan juknisnya begitu saya dikantor, sebab saya masih ada kegiatan diluar, jadi saya minta maaf,” tutupnya.ar