Pemkot Beri Layanan Khusus untuk Ibu Hamil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Jun 2020 21:10 WIB

Pemkot Beri Layanan Khusus untuk Ibu Hamil

i

Ilustrasi ibu hamil

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Kabar gembira bagi ibu hamil ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan, di seluruh Rumah Sakit rujukan di kota Surabaya, siap memberikan pelayanan kesehatan khusus yang maksimal untuk ibu hamil.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, drg Febria Rachmanita, Senin (29/6/2020). Feny, sapaan drg Febria menjelaskan, untuk menghindari terjadinya kematian pada ibu hamil, beberapa rumah sakit rujukan di Surabaya siap memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada mereka. “Insya allah pelayanan kesehatan kepada ibu hamil tidak terganggu ya, semua mudah-mudahan bisa aman,” kata Feny, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sediakan Pelayanan Kesehatan di Pustu-Posyandu

Ia menjelaskan, terdapat lima rumah sakit rujukan di Kota Surabaya yang siap memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil. Kelima rumah sakit itu yakni, RSIA Putri, RSIA Kendangsari, RS Al-Irsyad, RSUD dr. M. Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH). Kelima RS itu juga dilengkapi dengan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) atau Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bagikan 6 Ribu Paket Sembako Serentak di 31 Kecamatan

“RSUD dr. Soewandhie dalam menangani ini akan menambah beberapa bed untuk ibu hamil dan untuk NICU-nya,” kata Feny yang juga menjabat Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya tersebut.

Ia mengungkapkan, dari data Dinas Kesehatan Kota Surabaya hingga Senin (22/06), setidaknya ada sekitar 20 ibu hamil yang terpapar Covid-19. Menurut dia, meski orang dengan penyakit penyerta lebih rentan terpapar Covid-19, namun ia mengimbau kepada ibu hamil agar tetap menjaga imun tubuhnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tertibkan Reklame Tak Berizin

“Kalau ibu hamil selama dia imunitasnya baik tidak apa-apa, yang rentan itu kalau yang dia memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan asma,” pungkas dia. alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU