Pemprov Atur Jam Operasional Pasar Tradisional dengan Sistem Ganjil Genap

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Mei 2020 10:15 WIB

Pemprov Atur Jam Operasional Pasar Tradisional dengan Sistem Ganjil Genap

i

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Dalam rangka penerapan protocol jaga jarak atau physical distancing mencegah penularan virus corona, Jam operasional pasar tradisional di Jawa Timur akan menerapkan sistem ganjil genap.

"Mulai Rabu, ada beberapa pasar yang harus dilakukan berdagang selang seling. Satu toko buka, sebelahnya tutup, sebelahnya lagi buka," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat dialog daring bersama 100 pemimpin redaksi yang menjadi anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Selasa (5/5/2020) malam.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

Nantinya, para pedagang diminta bergantian membuka toko. Misalnya jika hari ini pedagang urutan ganjil yang buka, maka hari berikutnya mereka harus tutup. Sementara yang buka diganti dengan urutan pedagang yang genap.

Baca Juga: Pemprov Jatim Buka Rekrutmen CASN, 5.200 Formasi

"Hari pertama toko ganjil yang buka, hari kedua toko genap yang buka. Dibikin sistem ganjil genap," imbuhnya.

Selain itu, Khofifah menyebut akan menerapkan format pasar dengan model berjarak. Hal ini mengadopsi pasar yang ada di Vietnam.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

"Ada beberapa pasar dengan format seperti di Vietnam. Kita melakukan exercise agak lama karena memindahkan mereka dari pasar dimana mereka sudah punya bedak (meja) ke jalan raya, tidak sesederhana itu," lanjut Khofifah.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU