Penanganan Bencana Tahun 2020, Pemkab Jombang Anggarkan Rp 2 Miliar

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pemkab Jombang bersama TNI - Polri, BPBD, Tagana serta potensi relawan lainnya, menggelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam dilapangan Pemkab Jombang, Jawa Timur.

Dalam apel tersebut, diketahui bahwa dari total 306 desa dan kelurahan di Jombang, ada 32 desa yang diindikasikan rawan bencana dengan klasifikasi tinggi.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, untuk penanganan bencana di kota santri pada tahun 2020 ini, Pemkab Jombang menganggarkan Rp 2 miliar lebih.

"Bencana alam yang menjadi perhatian adalah bencana banjir. Banjir yang banyak. Beberapa desa sudah menjadi langganan banjir, itu harus kita waspadai," katanya, usai gelar apel, Kamis (9/01/2020).

Mundjidah menjelaskan, untuk itu ratusan personel gabungan disiagakan, dari unsur TNI - Polri serta beberapa relawan. "Seluruh personel kita siagakan di posko tanggap bencana di Mojoagung," jelasnya.

**foto**

Mundjidah mengungkapkan, guna mempersiapkan kesiapan penanggulangan bencana, Pemkab Jombang menyiapkan anggaran. "Anggarannya masih direvisi gubernur. Kalau di Tahun 2019 itu Rp 2 miliar. Kalau tahun ini ya lebih dari itu," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Mundjidah, untuk warga yang menjadi korban bencana alam, Pemkab Jombang menggratiskan biaya pengobatan. "Kita sudah siapkan. Semua kita gratiskan," pungkasnya. (suf)