•   Minggu, 29 Maret 2020
Properti

Pengunjung Banyak dari Luar Kota

( words)
Herry Budiman, owner Hotel Deka Surabaya.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Banyaknya hotel baru di Surabaya Barat tidak membuat calon pengunjung bingung menentukan pilihan. Karena masing-masing sudah punya segmentasi sendiri. Namun umumnya hotel-hotel disana punya market untuk corporate. Salah satunya adalah Deka Hotel.

General Manager Deka Hotel Surabaya, Budi Setiawan mengatakan, saat opening pada Mei 2016 lalu menggunakan nama ibis budget. Lalu mulai Januari 2020 berganti menjadi Deka Hotel. "Brandnya sudah ganti, untuk karyawan dan kamar-kamarnya masih tetap. Namun kedepan nanti pelan-pelan akan kita ganti," ujarnya.

Karena di Surabaya Barat merupakan kawasan bisnis, Deka menyasar segmen market Corporate. Budi mengatakan kebanyakan pengunjungnya dari luar kota seperti Gresik, Pasuruan, Mojokerto. Karena lokasi hotel tersebut dekat dengan akses jalan Tol.

"Untuk Corporate sekitar 40%. Sedangkan sisanya adalah tamu work in 30%. Jumlah kamar 146 standard dan 1 kamar Suite. Okupansi di 2020 ini kita targetkan di 64%. Sampai saat ini Year to date Januari sampai Februari 38%," tambah Budi.

Budi optimis bisnis di Surabaya tahun 2020 ini pekonominya semakin baik. Investor juga mulai beralih ke area barat. Ia mencontohkan, pertumbuhan hotel-hotel di kawasan Surabaya Barat makin banyak dan tidak menjadikan hal tersebut sebagai kompetitor, namun ia menilai bahwa banyaknya segmen yang masuk ke area barat ini juga karena keberadaan mereka.

Karena berada di kawasan barat, pengunjung di Deka Hotel 75% orang Tionghoa. Mereka biasanya datang bersama sekeluarga. Dan paling banyak saat weekend yang datang adalah keluarga. Untuk harga permalam, Budi mengatakan mulai Rp 298 ribu sampai Rp 600 ribu. "Untuk Rp 298 ribu itu tidak termasuk sarapan," imbuhnya.

Satu hal yang unik, dari 147 kamar, 17 di antaranya menyediakan ranjang bersusun atau pihak hotel menyebutnya Bunk Bed. Yakni ranjang susun yang bisa untuk 3 orang, 2 di bawah dan 1 di atas. Biasanya tamu hotel yang telah berkeluarga lebih memilih Bunk Bed.indra

Berita Populer