•   Jumat, 22 November 2019
TapalKuda

Pengusaha Kambing di Jember Sudah Siap Hadapi Idul Adha

( words)
Hewan qurban milik Abdurrahman.


SURABAYAPAGI, Jember- Moment Hari Raya Idul Adha 1440 H sangat dinanti oleh masyarakat yang akan menunaikan ibadah qurban dengan penyembelihan hewan qurban berupa kambing atau sapi. Situasi ini dimanfaatkan oleh pedagang hewan qurban untuk menawarkan dagangannya kepada masyarakat yang mulai memburu hewan qurban.

Momen ini dimanfaatkan oleh para pengusaha hewan ternak untuk mempersiapkan baik dari kualitas maupun kuantitas hewan ternaknya. Seperti yang dilakukan salah seorang pengusaha kambing asal Kecamatan Sumberbaru, Jember yang bernama Abdurahman ini. “Kami menyiapkan ratusan kambing untuk hari raya qurban mendatang,” Kata Abdurahman, Kamis (27/6/2019).
Abdurahman juga menjelaskan, seperti menjelang Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya, dirinya melakukan perawatan kesehatan baik perawatan kandang maupun hewan ternak agar selalu bersih. “Sementara kotoran hewan ternak dimanfaatkan sebagai pupuk kandang,”ujarnya.
Di samping itu, penyeleksian hewan ternak juga mulai dilakukan yaitu dipilih yang berukuran besar, sehat dan super. “Untuk kambing memang sengaja memilih yang sehat dan juga bersih serta yang super. Hal ini dilakukan agar tidak mengecewakan para pelanggannya,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Abdurahman menambahkan, sejumlah daerah menjadi wilayah pengiriman hewan ternaknya yaitu selain di Jember, juga di Bali dan Lumajang. “Kami juga melayani pengiriman untuk luar Jember,” pungkasnya.koes

Berita Populer