•   Minggu, 23 Februari 2020
Traveling

Penuhi PR dari Jokowi, Wishnutama Rencanakan Ubah Labuhan Bajo jadi Wisata Super Premium

( words)
Unggahan Wishnutama di akun media socialnya dalam kunjungannya ke Labuhan Bajo dan sekitarnya bersama timnya beberapa waktu yang lalu


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Melalui unggahannya di media social miliknya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama ingin mengubah Labuhan Bajo menjadi destinasi Wisata Super Premium.

Niatan itu ia tuliskan dalam akun media social Instagram pribadi terverifikasinya, Jum’at, (29/11).

"Mari bahu membahu wujudkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium Indonesia," ujarnya.

"Potensi wisata Labuan Bajo, NTT memang luar biasa. Hari ini, kami mengeksplorasi beberapa sudut terindah Destinasi Super Prioritas ini dalam rangka mengawal progres pembangunan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Premium yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," kata Wishnutama dalam unggahan Instagram terbarunya, Jumat (29/11/2019).

Menparekraf juga ditemani wakilnya, Angela Tanoesoedibjo dalam kunjungan ke Labuan Bajo dan sekitarnya. Tim Kemenparekraf disambut oleh Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin, Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong, Dirut Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana, Kadispar NTT Wayan Darmawa.

Destinasi pertama yang mereka kunjungi adalah Pulau Padar dan Pink Beach. Katanya, pulau itu memiliki pemandangan spektakuler dengan perjalanan selanjutnya mengunjungi komodo di Pulau Komodo dan Rinca.

Tak hanya itu, mereka juga menyapa pedagang cinderamata lokal dan mendengar pendapat guna meningkatkan kualitas produk ekonomi kreatifnya. Wishnutama ingin mengembangkan produk dari Labuan Bajo, seperti kuliner, kriya, seni pertunjukan, musik, fesyen, fotografi, videografi, dan masih banyak lagi.

"Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden bahwa ekonomi kreatif harus dapat dirasakan tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di daerah-daerah," kata dia.

Di akhir unggahan, Wishnutama menegaskan bahwa kawasan Labuan Bajo adalah milik bersama. Ia ingin seluruh stake holder turut membantu menjadikannya sebagai destinasi wisata super premium.

Adapun pengembangan Labuan Bajo sebagai wisata prioritas adalah pekerjaan rumah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Konsep wisata super premium atau wisata eksklusif ini sebelumnya memang sedang digodok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengatakan tiket masuk kawasan Taman Nasional Komodo akan dipatok tinggi, yakni Rp 14 juta per wisatawan per tahun atau membership. Kebijakan tersebut dilakukan untuk membatasi jumlah wisatawan yang masuk ke area konservasi.

"Ini kita atur agar komodo sebagai hewan langka yang masuk World Heritage (keajaiban dunia) terlindungi," ujar Luhut pada 2 Oktober lalu.

Berita Populer