•   Minggu, 29 Maret 2020
Gas Dan Bumi

Penurunan Harga BBM Masih Dikaji

( words)
ilustrasi


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Pemerintah tengah mempertimbangkan untuk kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mengikuti tren penurunan harga minyak dunia di awal pekan ini.

Kendati demikian, Menteri ESDM Arifin tasrif mengatakan, pihaknya akan melihat penurunan harga minyak. Apakah bersifat sementara atau tidak.

"Kita masih akan lihat initemporary ataugimana. Tiba-tiba kita antisipasi eh ternyata naik lagi kan nggak tahu," kata Arifin di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Kajian penurunan harga BBM, kata Arifin juga akan dilihat dari sektor lain yaitu pergerakan nilai tukar alias kurs. Dirinya belum bisa memastikan penurunan harga minyak mentah dunia akan bisa menurunkan harga BBM secara langsung atau tidak.

"Sedang dipelajari. Sedang dihitung. Kita lakukan evaluasi dulu," jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut dia pemerintah mengkaji terlebih dahulu soal penurunan harga BBM.

"Ya sedang semua kaji dengan cermat, ini kan global yang sangat tidak menentu ini tidak boleh reaktif, harus tenang," kata Luhut.

Berita Populer