•   Rabu, 8 April 2020
Peristiwa Nusantara

Penyebab Facebook Down pada Selasa Sore

( words)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pengguna Facebook di berbagai belahan dunia sejak semalam waktu Indonesia mengeluhkan layanan media sosial tersebut. Pengguna tak bisa mengakses Facebook dan seperti biasanya mereka berteriak di Twitter dengan menyertakan tagar #facebookdown.
Catatan situs pemantau layanan tumbang, Downdetector, Facebook mengakui mendapatkan laporan layanan mereka tumbang pada Selasa pagi 20 November 2018 waktu Eastern Time atau sore hari waktu Indonesia.
Dalam peta tumbangnya layanan Facebook yang ditampilkan Downdetector, terlihat Facebook tumbang merata di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Selatan, Amerika Serikat, Meksiko, Eropa, India Timur Tengah, Asia Tenggara, Jepang, China sampai Australia.
Kemarin malam, situs Downdetector mencatat, laporan keluhan tumbangnya Facebook memuncak pada angka ribuan. Keluhan memuncak sampai pertengahan malam kemarin. Rabu pagi 21 November, keluhan Facebook down sudah menurun, cuma ratusan keluhan saja.
Data Downdetector menunjukkan, mayoritas problem yang dikeluhkan pengguna yakni mengalami total blackout (37 persen), tak bisa log in (34 persen) dan tak bisa memuat gambar (29 persen).
Ternyata tumbangnya layanan Facebook juga diikuti dengan Instagram. Makanya selain muncul tagar #facebookdwon juga ada #instagramdown.
Belakangan Facebook mengungkapkan, biang tumbangnya layanan mereka, yakni adanya cacat pada server mereka.
"Kemarin ada cacat (bug) di server kami yang menyebabkan beberapa orang mengalami kesulitan akses aplikasi kami. Masalah ini telah tertangani dan kami kembali pulih 100 persen untuk semua pengguna. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Facebook di akun Twitter mereka.
Namun demikian, beberapa pengguna Facebook pada Rabu pagi masih saja ada yang

Belum bisa mengakses Facebook. Gambar belum bisa dimuat dan aplikasi media sosial terpopuler itu belum

Sepenuhnya normal.

Berita Populer