Penyusunan Laporan Keuangan BLU, Disosialisasikan

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sejak Selasa (13/11/2018) hingga Rabu (14/11/2018), dilaksanakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) di Aula Majapahit Kanwil Perbendaharan Prov. Jatim.

Peserta yang hadir terdiri dari kementerian yang memiliki Satker BLU di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Jayapura. BLU merupakan satker di Kementerian/Lembaga yang memiliki ciri khusus sebagaimana diatur dalam PP 23/2005.
Sebagai salah salah satu kewajiban dari bagian pertanggungjawaban, setiap satker wajib membuat Laporan Keuangan (LK).
Sosialisasi tentang LK ini menjadi sangat penting agar masing-masing dapat menyusun LK dengan baik dan benar serta tepat waktu. Karena kekhususannya dalam menyusun LK nya juga diatur tesendiri berdasar PSAP13 dasn PMK-220/PMK.05/2016.
Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJPb Prov. Jatim, Ludiro menyampaikan, sejak diterbitkannya PP di tahun 2005 kurang lebih ada 250-an satker di tingkat K/L yang ditetapkan sebagai satker BLU. Satker BLU bagian dari K/L yang harus mematuhi aturan terkait penyusunan LK, karena memiliki kontribusi atas LKPP yang telah 2 tahun ini memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan.
Sebagai satker yang memiliki fleksibilitas dalam mengelola pendapatan untuk membiayai operasionalnya diharapkan para pengelola dapat berfikir bagaimana yang biasanya berorientasi birokrasi menjadi berorientasi korporasi dengan tujuan akhir meningkatkan layanan prima kepada masyarakat.
Selanjutnya kepada para peserta, ia berharap agar ilmu yang didapat dalam sosilaisasi ini dapat dibagikan pada rekan/pengelola lannya yang tidak hadir pada acara kali ini.
Narasumber dalam sosialisasi kali ini berasal dari Direktorat APK DJPb yang memang sebagai salah satu direktorat di Ditjen Perbendahraan Kemenkeu yang memiliki tugas untuk menyusun Laporan Keuangan Pemerintah.
Materi yang disampaiakn terkait PSAP 13 tentang Penyajian Lapotran Keuangan BLU dan PMK 220/2016 Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan BLU termasuk tanya jawab terkait Isu, tantangan dan Solusi untuk penyusuan LK BLU tahun 2018. Kegiatan diakhiri dengan post test dan pemilihan peserta terbaik. ar