Perampok Berpistol Dilumpuhkan Korban

Aksi perampok dengan bersenjata kembali terjadi di Surabaya. Apes, walaupun sudah menggunakan senjata, pelaku gagal merampas uang lantaran mendapat perlawanan dari korban.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Menganggur dan tak mau berusaha, Samsul Arifin nekat menggunakan airsoftgun untuk merampok di sebuah minimarket yang ada di kota Surabaya, Selasa (24/3/2020). Aksi

Pemuda berusia 24 tahun warga Ploso VI/10B Surabaya tersebut digagalkan sendiri oleh korbannya atau karyawan toko Edi Purnomo Saputro.

Pelaku menodongkan pistol ke arah korban saat teman korban pergi untuk membeli makan. Pelaku bahkan sempat meletuskan pistolnya hingga mengenai tubuh korban.

Kanitreskrim Polsek Tambaksari Iptu Didik Ariawan mengatakan, setelah ditembak oleh pelaku, korban kemudian melawan pelaku hingga pelaku bisa dilumpuhkan. Sesaat kemudian teman korban datang dan melapor ke mapolsek.

“Korban yang pelan-pelan mendekati pelaku akhirnya dapat melumpuhkan tersangka dengan tangan kosong. Selanjutnya dibantu warga kemudian menghubungi kami,” jelas Kanit Reskrim Polsek Tambaksari, Iptu Didik Ariawan, Rabu (25/3/2020).

"Kemudian pelaku kami amankan dan kami bawa ke kantor untuk pemeriksaan. Saat ini sudah kami tahan," tambahnya.

Lebih lanjut Iptu Didik menjelaskan, tak hanya menodongkan pistol kepada korban, pelaku memaksa untuk mengeluarkan uang yang ada di laci kasir. Pelaku juga sempat meletupkan tiga kali tembakan yang mengarah

Ke korban. Karena keberanian koran ini, pelaku melesatkan tiga peluru gotri ke arah korban dan mengenai pelipis kiri, tangan dan perutnya.

“Lukanya tiga tembakan tak membuat korban lengah atau takut. Korban langsung melumpuhkan pelaku dan kemudian dibantu oleh warga sekitar. Usai tertangkap korban pun melaporkannya ke Polsek dan kini pelaku sudah kita amankan,” tandasnya.

Didik menjelaskan, setelah mendapat laporan, ia dan timnya menuju lokasi kejadian. Sampai di lokasi, pelaku sudah diamankan oleh korban, temannya serta warga. Dari lokasi, juga disita sepucuk pistol jenis air softgun.

"Pelakunya satu orang, bawa pistol jenis airsoft gun. Sempat ditembakkan hingga korban mengalami luka tembak di bagian pelipis, perut dan jari tangannya," beber Didik.

Saat diinterogasi, Samsul yang beraksi sendiri itu mengaku baru sekali ini beraksi lantaran terlilit kebutuhan bayar utang. Kini Samsul mendekam ditahanan Mapolsek Tambaksari dan dijerat pasal 365 KUHP dan atau UU Darurat jlnomor 12 tahun 1951.

"Pelaku ngaku butuh uang karena dia tidak bekerja. Untuk pistol jenis airsoft gun ini dibeli dari jual beli online. Untuk korban kondisinya sudah membaik, hanya rawat jalan saja," pungkas Didik.Sp02