Perang Dagang Geger Lagi, Trump Tuduh China Curang

SURABAYAPAGI.COM -Pidato Donald Trump yang sangat dinanti-nanti para pelaku usaha secara mengejutkan mengganggap bahwa China telah mencurangi Amerika Serikat. Meski demikian, dia menyalahkan situasi kepada para pemimpin AS sebelumnya.

Trump berbicara hari Selasa di Economic Club of New York.

"Sejak masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001, tidak ada yang memanipulasi lebih baik atau memanfaatkan Amerika Serikat lebih banyak," kata Trump.

"Saya tidak akan mengatakan kata ’curang’, tapi tidak ada yang curang lebih baik dari China, saya harus mengatakan itu." Tambahnya.

Dengan dirilisnya pidato itu, secara langsung telah merusak uapaya perdamaian anatar keduannya. Mengingat upaya dalam yang tertuang dalam kontrak yang akan ditanda tangani akan terjadi akhir tahun ini. Setelah sebelumnya gagal di Chili.

Selain itu, detail dari kesepakatan potensial masih belum berubah, dengan AS mendorong pasar yang lebih terbuka dan penghapusan pencurian kekayaan intelektual.

Alih-alih menyalahkan Tiongkok, Trump mengatakan bahwa para pemimpin sebelumnya yang menegosiasikan kesepakatan perdagangan memungkinkan China memanipulasi perjanjian.

Alhasil, banyak pekerja Amerika yang dirugikan, terutama yang berada di industri manufaktur.
Selain China, Trump juga seret Uni Eropa terkait praktik perdagangan yang tidak adil itu.

"Banyak negara membebankan tarif luar biasa tinggi kepada kita atau menciptakan hambatan perdagangan yang mustahil. Dan saya akan jujur, Uni Eropa, sangat, sangat sulit. Hambatan yang mereka hadapi sangat mengerikan, dalam banyak hal lebih buruk daripada Cina,” jelasnya.