•   Kamis, 20 Februari 2020
Fashion

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

( words)
Perbedaan sunblock dan sunscreen, Foto: Denver Skin Care


SURABAYAPAGI.com - Banyak produk pelindung matahari yang ditawarkan di pasaran, antara lain sunscreen dan kebanyakan orang tidak mengetahui ada perbedaan jelas antara sunscreen dan sunblock, beserta manfaat yang dikandungnya.
Sunscreen, alias tabir surya kimiawi, bekerja menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah terlanjut meresak ke dalam kulit, layaknya spons. Sedangkan sunblock secara fisik menangkal atau menghalangi sinar matahari sebelum meresap ke dalam kulit dengan membangun lapisan pelindung di atas permukaan kulit. Berikut perbedaan antara sunblock dan suncreen.
1. Kandungan
Sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Sedangkan sunscreen sendiri mengandung beberapa bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan tersebut antara lain: Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.
2. Fungsi
Sunblock berguna melindungi kulit dari sinar UVB matahari sebelum masuk ke kulit. Berbeda dengan sunblock, sunscreen melindungi kulit UVA dan UVB pada lapisan teratas kulit.
3. Aplikasi
Sunscreen atau sunnblock harus digunakan 30 menit sebelum keluar rumah atau terpapar sinar matahari. Sunblock tak akan berfungsi jika digunakan sesaat sebelum terkena sinar matahari. Keduanya juga sebaiknya dipakai setiap 3 jam sekali agar efektif.
4. Tesktur
Sunscreen lebih baik diaplikasikan ke wajah karena teskturnya ringan sehingga lebih cepat menyerap di kulit. Sedangkan sunblock lebih cocok untuk aktivitas yang berhubungan dengan air karena lebih tahan air.id

Berita Populer