Peringatan Karhutla, Australia Waspada Gelombang Panas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 31 Jan 2020 09:42 WIB

Peringatan Karhutla, Australia Waspada Gelombang Panas

SURABAYAPAGI.COM, -Suhu di negara bagian Australia Selatan pada Kamis (30/1) mencapai di atas 40 derajat Celcius. Australia tengah bersiap menghadapi gelombang panas dalam beberapa hari mendatang. Peningkatan suhu mendorong pemerintah mengeluarkan peringatan rawan kebakaran hutan di beberapa daerah.

Gelombang panas diperkirakan juga akan terjadi di Melbourne, Sydney, dan Canberra pada Jumat (31/1) mencapai 45 derajat Celcius. Pemerintah Australia mengatakan suhu panas dan kering disertai angin berpotensi memicu kebakaran hutan. Hingga saat ini lebih dari 80 kebakaran terpantau masih terjadi di negara bagian Victoria dan New South Wales. Andrew Crisp, Komisioner Layanan Darurat Victoria memperingatkan warga untuk bersiap dengan kemungkinan kebakaran hutan. Kendati mulai dilanda gelombang panas, hujan petir diperkirakan akan turun di beberapa wilayah. Hanya saja, kondisi itu justru menjadi ancaman bencana lain, termasuk potensi banjir bandang.
Ancaman kebakaran hutan diumumkan setelah laporan korban tewas mencapai 32 orang dan menghancurkan sebagian besar negara bagian New South Wales sejak September 2019 lalu. Krisis usai kebakaran hutan hingga hujan es memicu seruan bagi pemerintah Australia untuk segera mengambil tindakan terkait perubahan iklim. Perdana Menteri Scott Morrison didesak untuk mengurangi ketergantungan pada batubara.

Para ilmuwan mengatakan bencana kebakaran hutan yang terjadi di Australia merupakan imbas perubahan iklim. Kekeringan juga membuat api menyebar dengan cepat di luar kendali.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU