•   Jumat, 28 Februari 2020
Sepakbola

Perjalanan Karier Aji Santoso Menangani 3 Tim Sepanjang 2019

( words)
Aji Santoso adalah seorang pelatih sepak bola dari Indonesia.


SURABAYAPAGI.COM,- Nama Aji Santoso dalam ajang persepakbola Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Lika Liku Perjalanan Karirnya pun memberikan segudang pengalaman.

Di musim Liga 1 2019, Pria asala Kepanjen, Kabupaten Malang sudah pernah melatih tiga club sepak bola yang berbeda.

Persela Lamongan adalah Tim pertama yang di latih oleh Aji Santoso namunm setelah 5 pekan Liga 1 2019 berjalan ia pun memutuskan mengundurkan diri. Alasanya adalah,

Aji Santoso mengakui menemui banyak kendala di tim. Salah satunya adalah ketika dia harus menyusun ulang skuad bermain pada awal musim. "Bukan kesalahan pengurus, tetapi memang kondisi seperti itu. Harusnya tim ini dipertahankan. Kalau bisa pasti kita bisa memetik hasilnya yang bagus karena 2018 timnya cukup bagus," kata Aji Santoso.

Setelah itu, Mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut mengambil keputusan mengejutkan karena bersedia melatih klub yang berlaga di Liga 2 yaitu PSIM Yogjakarta.

Namun, Aji Santoso tidak merasa gengsi harus ’turun kasta’. Aji Santoso menerima pinangan PSIM karena klub punya semangat besar untuk lolos ke Liga 1.

Persebaya menjadi tim ketiga yang dilatih Aji Santoso pada 2019. Dia mendapat kontrak hingga musim 2020. Aji Santoso menggantikan Wolfgang Pikal, yang sebelumnya menggantikan Djadjang Nurdjaman. Aji Santoso membawa tuah positif di Persebaya. Dia memimpin Bajul Ijo dalam sembilan laga tersisa di Liga 1 2019.

Hasilnya, Persebaya tujuh kali menang dan dua kali imbang. Persebaya pun menutup musim dengan berada di posisi kedua. "Jujur saja, target awal dari klub hanya untuk tetap eksis di Liga 1 dan menyiapkan tim untuk 2020. Saya juga hanya target papan tengah. Namun, syukur alhamdulillah kami bisa capai posisi kedua," kata Aji Santoso.

Berita Populer