•   Rabu, 20 November 2019
Bisnis Mikro

Perkembangan Bisnis Mengarah ke 020, Offline ke Online

( words)
Dr. Sandy Wahyudi, Pakar Marketing & Inovasi serta Founder of Connectpedia saat memberikan sambutan di acara Pujasera Bisnis 2019 di Garden Palace Surabaya. Foto :SP/ Iker


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga internet, penggunaan media online sebagai alat pemasaran semakin dilirik oleh banyak pengusaha. Dua hingga tiga tahun terakhir, perkembangan bisnis online berbasis aplikasi sangat menjamur di masyarakat.

Bisnis online berbasis aplikasi aplikasi sudah menjadi tumpuan bisnis, karena penggunaannya yang mudah serta praktis. Dr. Sandy Wahyudi selaku Founder Connecpedia mengungkapkan "Sampai lima tahun kedepan perkembangan bisnis akan semakin mengarah ke 020 (online to offline)," ujarnya.

Berubahnya sifat konsumen dari online ke offline, dikarenakan banyaknya masyarakat yang mencari harga yang lebih kompetitif dengan penggunaan yang mudah.

Meski konsep 020 merupakan bukan hal yang baru, 020 mengacu pada rangkaian jasa yang dibeli secara online namun dikonsumsi secara offline. Tetapi, dengan pesatnya pertumbuhan industri e-commerce ada potensi adopsi 020 yang sedikit tersingkap.

Pada akhirnya dunia e-commerce di Indonesia cepat atau lambat semuanya akan mengarah pada bentuk perdagangan 020 atau omni-chanel. iker

Berita Populer