•   Senin, 16 Desember 2019
SGML

Pers Diminta Berperan Aktif Ciptakan Demokrasi Sejuk

( words)
Puluhan wartawan media maistrem cetak, elektronik dan online saat deklarasi pemilu damai bersama Polres Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Pers diminta berperan aktif ciptakan demokrasi yang sejuk, di tengah persaingan antar kandidat dalam pemilu terkadang yang bikin panas di tingkatan grass root. Pers harus adil dengan pemberitaan yang sejuk, profesion dan berada di tengah-tengah.

Hal itu disampaikan oleh Wakapolres Lamongan Kompol Imara Utama, mewakili Kapolres AKBP Feby DP Hutagalung, dalam acara ngobrol asik dengan sejumlah wartawan dari berbagai media di Hall Room Grand Mahkota Lamongan, Kamis (4/4/2019) siang.

“Saya mengajak seluruh awak media massa, baik cetak, elektronik maupun online di Lamongan turut mengawal Pemilu 2019 dengan pemberitaan yang sejuk, agar pelaksanaan pada 17 April mendatang berjalan lancar, aman dan sukses,” ajaknya dalam mengawali sambutanya.

Dikatakannya, Pers mempunyai peranan yang sangat penting untuk membuat situasi tetap sejuk, meski di tengah-tengah masyarakat terdapat perbedaan pilihan, baik dalam pemilihan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden maupun calon legislatif di DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi, dan calon legislatif DPR RI.

"Saya berharap kepada teman-teman wartawan terus menyajikan berita yang menyejukkan terkait pesta demokrasi, mengingat partai cukup banyak, harapannya bisa aman, damai dan sejuk, " ungkapnya.

Selain itu, Kompol Imara Utama juga berharap seluruh tokoh masyarakat terus memberi contoh yang baik baik masyarakat untuk menahan diri agar tidak saling menghujat atau memojokan meski beda pilihan.

“Dan agar suasana tetap kondosif, kami berharap agar tokoh-tokoh masyakarat dan tokoh-tokoh agama saling menghargai dan menahan diri untuk tidak melakukan tindakan atau statmen yang justru membuat situasi tidak kondusif,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan, Bachtiar Febriyanto menyebutkan, salah satu fungsi media massa adalah sebagai kontrol sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Dan saat ini media tidak hanya menampilkan berita yang sifatnya kasuistis, tetapi berita bagus atau prestasi juga merupakan berita yang bagus,” ujar Bachtiar Febriyanto.

Acara ngobrol asik ini selain dihadiri oleh Wakapolres, juga hadir Kasatreskrim AKP Wahyu Norman Hidayat, Kasat Narkoba AKP Joko Bisono, Kabag Sumda Kompol Johar Nawawi dan sejumlah anggota Polres Lamongan.

Diakhir acara, puluhan wartawan Cetak, elektronik dan online, yang bertugas di wilayah Kabupaten Lamongan juga menggelar deklarasi Pemilu damai, dengan komitmen ikut menjaga Kamtibmas agar suasa tetap kondusif dan sejuk. jir

Berita Populer