Pertamina Bakal Hapus Premium & Pertalite

Pengisian Bahan Bakar Minyak. SP/VV

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Rencana Pertamina selalu bikin heboh masyarakat Indonesia. Salah satu rencana itu adalah pengahpusan BBM ber oktan rendah seperti Premium dan Pertalite. Pengapusan ini bukan tanpa alasan.

Beberapa hari belakangan ramai informasi yang beredar bahwa PT Pertamina akan menghapuskan bensin jenis Premium dan bahkan Pertalite. Hal ini lantaran kedua jenis BBM ini dianggap kurang ramah lingkungan.

Hal tersebutlah yang dijakdikan alasan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, yang katanya sejalan dengan kesepakatan pemerintah mengurangi emisi gas karbon.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON).

Dari tiga jenis BBM yang dipasarkan Pertamina saat ini, hanya Pertamax yang memiliki RON di atas ambang batas tersebut. Sementara, spesifikasi Premium yakni RON 88 dan Pertalite RON 90.

“Ada regulasi KLHK, yang menetapkan bahwa untuk menjaga polusi udara, ada batasan di RON berapa, di kadar emisi berapa. Jadi, nanti yang kami prioritaskan adalah produk yang ramah lingkungan," ujarnya.

Nicke mengaku, saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait hal tersebut. Sebab, harga jual BBM menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi masyarakat.

“Kami akan terus mendorong masyarakat menggunakan BBM ramah lingkungan. Jadi, kami akan dorong ke arah produk yang lebih bagus. Feasibility BBM ramah lingkungan bakal kami tambah, untuk kebaikan anak dan cucu kita ke depannya,” tuturnya.

Kendati demikian, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menegaskan, saat ini pihaknya masih menyediakan dan menyalurkan BBM jenis Premium.

“Saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan Premium di SPBU,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/6/2020).p2