•   Selasa, 15 Oktober 2019
Gas Dan Bumi

Pertamina berusaha Sekuat Tenaga, Sekarang Tersisa 10 %

( words)
Keadaan pantai tercemar akibat tumpahan minyak.


SURABAYAPAGI.com – Tumpahan minyak yang selama ini telah mencemari lautan utara Jawa di Kabupaten Karawang tersisa 10 %, hal itu merupakan klaim dari PT Pertamina (Persero)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan volume tumpahan minyak di blok Offshore North West Java (ONWJ) kini tercatat sebesar 300 bph.

"Minggu lalu, kami menyampaikan sekitar 3.000 bph, per hari ini sudah berkurang hanya tinggal 10 persen. Jadi, kami awasi terus semakin membaik," katanya, dilansir dari CNN Kamis (1/8).

Dia mengatakan bahwa Pertamina berusaha sekuat mungkin untuk menghalau minyak yang telah tumpah agar tidak sampai ke daratan. Tujuh lapis untuk menghalau tumpahan minyak tersebut menggunakan oil boom, dalam penanganan ini pertamina bekerja sama degna perusahaan asal AS Boots dan Coots

"Kami melakukan best effort, sehingga dampak sudah semakin mengecil," imbuhnya.

Lapis pertama, di sekitar anjungan YY Pertamina mengurung tumpahan minyak di air (oil boom) agar menahan minyak dalam lingkungan anjungan. Hal yang sama dilakukan pada lapisan kedua dan ketiga, sehingga minyak tidak mengalir.

Lebih lanjut, lapis keempat digunakan untuk melindungi anjungan (rig) Suhana yang berada tepat di sebelah rig YY. Lapis kelima dan keenam, Pertamina memasang oil boom di Tanjung Sedari dan Tanjung Bekasi.

Untuk lapis terakhir, Pertamina melakukan pantauan udara dan oil boom untuk menangkap minyak yang terlanjur mengalir.

Meski volume minyak telah berkurang, namun Nicke menyatakan pihaknya tetap mawas diri jika terjadi kondisi di luar prediksi. "Ini dampak volumenya sudah semakin mengecil, tapi upaya tetap kami awasi," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Pertamina untuk meningkatkan persediaan oil boom. Dengan persediaan oil boom yang lebih banyak, maka Pertamina bisa menghalau minyak yang mengalir dengan lebih cepat.

"Tentu dari pelajaran ini memang sebaiknya dengan begitu banyak rig Pertamina harus memiliki stok oil boom yang lebih banyak," imbuh dia.

Berita Populer