•   Senin, 30 Maret 2020
Bisnis Makro

Pertamina Lubricants Meningkat 19.000 Outlet

( words)


Penjualan pelumas di tahun 2017 stagnan dibanding tahun 2016. Namun Pertamina Lubricants mampu meningkatkan penjualan di tahun lalu hingga 2 persen.

SURABAYAPAGI.COM -Upaya untuk mencapai peningkatan penjualan 3 persen di tahun 2018 ini dilakukan dengan lebih banyak memberikan maintenance para outlet yang menjual produk pelumas dari Pertamina Lubricants.
"Bagi kami kenaikan 2 persen di tengah penjualan pasar yang stagnan sudah cukup bagus. Bahkan tahun 2018 kami targetkan bisa naik lagi hingga 3 persen," kata Eko Ricky Susanto, Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants, Sidoarjo, Rabu (31/1).
Selain itu juga membidik atau peningkatan volume pelayanan kepada konsumen dari segmen industri untuk mesin-mesin pabriknya dan marine (kelautan) untuk kebutuhan pelumas mesin kapal. Selain segmen otomotif baik roda 2 maupun empat.
Kini jumlah outlet Pertamina Lubricants di Jatim mencapai 19.000 outlet. Kontribusi mereka cukup besar, karena mayoritas penjualan produk hampir seluruhnya melalui outlet. Sementara itu, pelumas dari Pertamina saat ini masih menguasai pasar. Namun pangsa pasarnya dibawah 50 persen atau sekitar 35 persen.
"Meski kami pemimpin pasar, namun pemain di minyak pelumas ini cukup banyak. Brand dari lokal maupun luar negeri ada, sehingga persaingan cukup ketat," ungkap Eko.
Di industri dan marine tersebut. Dengan target meningkatnya penjualan di segmen industri dan marine, pihaknya memprediksi akan mengalami perubahan komposisi dengan segmen otomotif.
Produk pelumas dari Pertamina Lubricants yang sudah dikenal di pasar antara lain Fastron, Mesran, Prima XP dan Enduro. Jul

Berita Populer