•   Kamis, 30 Januari 2020
Surabaya

Pertandingan Piala Presiden 2018 Mulai Digelar

( words)
Polrestabes Surabaya saat menggelar Tactical Floor Game untuk menjelaskan penempatan pasukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas. (foto : SP/BAKRIE)


Polrestabes Surabaya Gelar Tactical Floor Game

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rabu (17/01) kemarin, Polrestabes Surabaya menggelar tactical floor game. Itu mereka lakukan untuk mempersiapkan titik titik pengamanan dan rekayasa lalu lintas. Sebab, Kamis (18/01) bakal digelar pertandingan perdana Grup C Piala Presiden 2018. Event sepakbola ini bakal digelar di GBT (Gelora Bung Tomo) Surabaya. Ada sekitar 1922 personil gabungan yang akan mengamankan jalannya pertandingan.

Tactical floor game itu dipimpin oleh KabagOps Polrestabes Surabaya, AKBP Bambang S Wibowo, pejabat utama dan para kapolsek jajaran. AKBP Bambang men-simulasikan titik-titik penempatan pasukan yang terlibat. Baik di sekitar GBT maupun jalur (akses) menuju GBT. Hal itu dilakukan agar pertandingan perdana antara Persebaya dan PS TNI bisa berjalan aman.

"Kami dibackup rekan rekan TNI, Pemkot (Surabaya) serta Polres Gresik maupun Sidoarjo. Ada personil yang stay ada yang mobile. Selain pengamanan, kami juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas di titik-titik tertentu," sebut AKBP Bambang.

Nah, terkait rekayasa lalu lintas. Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia memaparkan, bahwa mulai Kamis (18/01) pukul 12.00 Wib, akan dilakukan filterisasi di dua titik menuju GBT. Yaitu titik Romokalisari dan Pakal. "Mulai jam 12.00 Wib, yang boleh masuk ke hanya yang berkepentingan ke GBT atau warga setempat. Selebihnya kami halau dan diarahkan ke jalan lain yang sudah kami siapkan," paparnya.

Selain melakukan filterisasi, pasukan gabungan juga akan memeriksa para supporter yang dicurigai membawa barang-barang berbahaya. Filterisasi itu akan dilakukan hingga pertandingan selesai dan GBT benar benar bersih dari penonton. "Nah pada saat bubaran, R2 (motor) kita arahkan ke kiri menuju Pakal. Sedangkan R4 (mobil) kami arahkan ke Romokalisari," imbuh AKBP Pandia.

Alumnus AKPOL (Akademi Kepolisian) tahun 2000 ini juga mengimbau agar para supporter tidak menggunakan bus besar. Sebab jika itu dilakukan, maka bus yang dibawa akan diparkirkan di titik Pakal atau Romokalisari. Kemudian para supporter akan diangkut menggunakan truk yang sudah disediakan oleh aparat keamanan.

Sekedar diketahui, GBT menjadi venue pertandingan sepakbola grup c Piala Presiden 2018. Ada 4 club sepakbola yang bakal melangsungkan pertandingan disini. Yaitu Persebaya, PS TNI, Madura United serta Perseru Serui. GBT bakal menjadi tempat bertanding 4 club itu selama 6 kali. Mulai 18 hingga 28 Januari 2018. bkr

Berita Populer