•   Senin, 17 Februari 2020
Internasional

Perusahaan Kilang Jepang Tunggu Keringanan dari AS

( words)
Ilustrasi kilang lepas pantai.


SURABAYAPAGI.com - Perusahaan-perusahaan kilang minyak Jepang tidak akan mungkin terus mengimpor minyak dari Iran mulai April mendatang, kecuali Jepang mendapat keringanan perpanjangan dari Pemerintah AS. Demikian menurut Takashi Tsukioka, presiden Asosiasi Perminyakan Jepang (PAJ), Rabu (20/3/2019).
Dia mengatakan, pihaknya yakin pemerintah Jepang sedang bernegosiasi dengan AS untuk mendapatkan keringanan. Pihaknya pun mendukung upaya tersebut.
Perusahaan-perusahaan kilang Jepang telah mendorong pemerintah untuk meminta perpanjangan sanksi pengecualian A.S. setelah periode pembebasan 180 hari awal berakhir pada awal Mei.
Para pejabat Jepang dan AS bertemu minggu lalu di Washington untuk membahas sanksi AS terhadap Iran, menurut sebuah pernyataan dari kementerian luar negeri Jepang.
"Jepang telah memberi tahu AS bahwa sanksi itu tidak boleh berdampak negatif pada pasokan energi Jepang yang stabil dan operasi perusahaan Jepang," kata seorang pejabat di kementerian industri Jepang, meskipun menolak mengomentari hasil pembicaraan.

Berita Populer