•   Selasa, 22 Oktober 2019
Pilgub2018

Pilkada Kian Dekat, Gubernur Jatim Minta Jaga Suasana Kondusif

( words)
Pemprov Jatim gelar rakor mengajak semua pihak membuat pilkada berjalan damai.


SURABAYAPAGI.com - Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan ketertiban dan keamanan wilayah Jatim dengan tema "Jawa Timur Aman dan Kondusif Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018". Dalam rakor ini, Gubernur Jatim Soekarwo mengajak seluruh pihak untuk aktif membuat Pilkada terasa damai.

"Acara ini adalah puncak dari proses panjang yang dilakukan KPU, Bawaslu, Kapolda, dan TNI. Kita support bahwa Jatim damai menjelang Pilkada," ujar Pakde Karwo usai acara di Grand City Mall, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Selasa (20/3/2018).

Selain dihadiri Soekarwo, rapat ini juga dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Ketua KPU Jatim, Ketua Bawaslu, Pangdam V/Brawijaya, Wakil Ketua Kejati Jatim dan diikuti ribuan personel dari Kepolisian se-Jatim, TNI, hingga perwakilan camat dan pegawai pemerintahan di Jatim.

Topik yang dibahas dalam rapat ini, terkait upaya menekan potensi konflik saat Pilkada, dengan memetakan daerah-daerah yang dinilai rawan. Hal ini dilakukan untuk menjaga suasana kondusif yang selama ini sudah terjalin di Jatim.

Tak hanya itu, Pakde Karwo juga mengajak ribuan orang yang hadir untuk bersama membaca deklarasi. Sebelum membaca deklarasi, perwakilan dari beberapa instansi menandatangani perjanjian untuk turut serta menjaga damai dalam Pilkada.

Gubernur yang telah menjabat dua periode ini menyampaikan ada beberapa faktor yang dapat memicu konflik dalam pilkada. Diantaranya penyelenggara pilkada yang dinilai tidak netral, sumber daya manusia (SDM) yang kurang profesional, pasangan calon yang tidak legowo menerima kekalahan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak akurat, serta kekurangan logistik seperti surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk itu, Soekarwo menilai selain KPU, Pemerintah daerah setempat, Polri, TNI, seluruh elemen masyarakat juga memiliki peran penting dalam menjaga suasana damai yang selama ini sudah terjalin di Jawa Timur.

"Seluruh komponen harus solid menjaga kondusifitas yang selama ini sudah terjalin dengan baik di wilayah Jawa Timur," pesannya. (dtk/02)

Berita Populer