Polda Jatim Cek Kesiapan Jalur Tol Jelang Arus Mudik

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kendati bulan ramadhan masih kurang beberapa hari, tapi Polda Jawa Timur melakukan pengecekan terhadap jalur mudik dan balik khususnya jalur tol.Pengecekan dilakukan Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Widodo Eko P didampingi Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Heri Wahono di daerah Kertosono kali buntung dimana ada jembatan yang belum tersambung, ini akan dikebut dan nanti bisa dipergunakan untuk arus mudik."Jembatan sisi kiri masih belum jadi dan akan dikebut pekerjaannya untuk bisa dipergunakan saat mudik," terang Wakapolda. Selain pantau kondisi jalur di jalan tol tersebut, Wakapolda Jatim juga melihat kesiapan rest area di KM 696. Widodo mengecek kesiapan rest area di KM 696 sekitar pukul 08.45 Wib. Rombongan diterima oleh Yanuar, Kepala Departemen Pelayanan Lalu Lintas dan Hubungan Eksternal Astra Infra Tol Road Jombang-Mojokerto. Wakapolda Jatim sempat bertanya kepada Yanuar apa prioritas yang dilakukan dalam satu bulan ke depan? Yanuar mengatakan, akan memprioritaskan tempat makan, toilet, tempat ibadah serta bilik ATM di rest area KM 696 tersebut.
Selain melakukan pengecekan, jendral bintang satu ini juga melihat kelengkapan rambu yang ada di jalan tol serta lampu masih belum. Reas area juga disidak Wakapolda.Dari pantau Wakapolda, reas area perlu tambahan diantaranya, pom bensin mini, kesehatan, tempat bermain anak anak, serta pedagang makanan diperbanyak.Setelah mengecek kesiapan rest area itu, Wakapolda Jatim dan rombongan kemudian melanjukan perjalanan menuju rute berikutnya. Yaitu Jembatan Tol Kalikunto Kertosono yang masih dalam pengerjaan. Dari pantauan jalur mudik Tol Surabaya-Ngawi memang masih sepi peminat. Pengguna jalan tol ini didominasi mobil pribadi. Untul truk dan angkutan lainnya, masih jarang dijumpai melaju di atas tol ini.
Setelah mengecek kesiapan rest area di KM 696 Jombang, Jembatan Tol Surabaya-Ngawi. Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo akhirnya sampai Jembatan Tol Kalikunto Kertosono. Jembatan Kalikunto yang berada di KM 672 ini masih dalam pengerjaaan. Dari pantauan di lokasi. Jembatan Tol Kalikunto ini merupakan penghubung antara Kertosono Nganjuk dan Wilangan Ngawi. Sejumlah pekerja masih nampak melakukan aktifitas untuk menyelesaikan kontruksi jembatan ini. Di Jembatan Tol Kalikunto ini, Wakapolda Jatim, pejabat utama dan rombongan diterima Indra R, PPK Jalan Bebas Hambatan Solo-Kertosono. Wakapolda Jatim melontarkan beberapa pertanyaan kepada Indra terkait progress pengerjaan jembatan tol itu. "Kondisi jalur fungsional ini seperti apa. Apakah betul-betul masih banyak batu, pengerasan, atau gimana," tanya Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo kepada Indra. "Jalur fungsional ini sudah sesuai dengan desaign dan tidak akan ada pembongkaran Pak. Dan semuanya sudah di cor," sebut Indra menjawab pertanyaan Wakapolda Jatim. Lantas apa bocoran pentingnya terkait Jembatan Tol Kalikunto untuk jalur mudik nanti? Indra menyampaikan jika saat ini pengerjaan sudah 6 5 persen. Para pekerja juga bekerja tanpa libur meskipun tidak 24 jam. "Targetnya, pada arus mudik nanti, akan bisa difungsikan meskipun satu jalur, yaitu jalur Wilangan - Kertosono. Satu jalur itu selesai pada H-10. Dan diharapkan sudah difungsikan pada H-8,"pungkasnya.nt