•   Rabu, 11 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Polda Metro Jaya Gandakan Personel Dalam Pengamanan Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden

( words)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Aksi penusukan yang terjadi menimpa Menko Polhukam Wiranto beberapa waktu yang lalu menjadikan pelajaran bagi tim pengamanan dalam mengamankan pejabat penting.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menambahkan jumlah personil pengamanan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu (20/10/2019).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, alasan penambahan jumlah personel itu untuk mengantisipasi aksi terorisme seperti peristiwa penusukan yang menimpa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto beberapa waktu yang lalu.

“Kita perketat (pengamanan), mungkin yang dulunya sekian anggota, nanti ditambah dua kali lipat. Yang dulu biasanya 1.500 (personel lantas), sekarang (saat pelantikan) sebanyak 3.000-an anggota dikerahkan,” kata Yusuf di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2019).

Selain itu, Yusuf juga menambahkan, polisi telah menyiapkan rekayasa dan penutupan lalu lintas disekitar lokasi pelantikan. Namun, ia enggan menjelaskan secara detail informasi rekayasa itu saat ini.

“Nanti mungkin ada penutupan (ruas jalan),” ujar Yusuf.

Sementara itu, dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa jabatan 2019-2024 di Jakarta, pemerintah menyiagakan 27.000 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri untuk mengamankan acara tersebut.

Pengamanan tersebut masih merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata. Operasi Mantap Brata merupakan operasi pengamanan dalam rangkaian Pemilu 2019, yang akan berakhir pada 21 Oktober 2019.

“Secara keseluruhan, untuk pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, seluruh jajaran kepolisian melakukan pengamanan, tapi yang menjadi sentral pengamanan berada di Jakarta,” kata kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (pol) Asep Adi Saputra di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Berita Populer