Polisi Kantongi Identitas Perusahaan dan Transporter Pembuang Limbah B3 di

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto –Setelah kemarin melakukan penyitaan pada 3 buah truk yang diduga mengangkut limbah B3 (bahan beracun berbahaya) dan menginterogasi sopir truk, Satreskrim Polres Mojokerto akhirnya mengantongi identitas perusahaan yang diduga bertanggung jawab dalam pembuangan limbah bubur kertas atau sludge.

Kasatreskrim Polres Mojokerto, AKP Dewa Yoga mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada 3 sopir truk pembawa limbah B3 itu. Dan dari hasil keterangan para sopir, diketahui identitas perusahaan pembuang limbah sludge kertas.

“Hasil keterangan sopir, dia mengambil dari PT Adiprima Suraprinta di Wringinanom Gresik,” katanya, Kamis (19/12).

Diketahui, PT Adiprima Suraprinta adalah pabrik kertas yang berada di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

Tak hanya identitas pabrik pembuang limbah, Kasatreskrim Polres Mojokerto juga mengantongi identitas perusahaan transporter limbah B3 itu.

"Transporternya PT Tenang Jaya Sejahtera," ujar Dewa.

Setelah ditelusuri, PT Tenang jaya Sejahtera berlokasi di karawang, jawa barat. Perusahaan itu diketahui bergerak dalam pelayananan pemusnahan, pengolahan, pemanfaatan dan pengangkutan limbah B3.

Meskipun demikian, PT Tenang Jaya Sejahtera diketahui memiliki anak usaha yakni PT Putra Restu Ibu Abadi yang berlokasi di Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Perusahaan ini juga bergerak di bidang yang sama seperti PT Tenang Jaya Sejahtera.

Satreskrim Polres Mojokerto telah mengirim surat panggilan pemeriksaan kepada menejemen PT Adiprima Suraprinta selaku penghasil limbah sludge kertas.

“Hari Jum’at (20/12) besok pemeriksaannya,” tandasnya.