Pria di Jombang Positif Covid-19 melalui Transmisi Lokal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Mei 2020 10:45 WIB

Pria di Jombang Positif Covid-19 melalui Transmisi Lokal

i

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Seorang pria positif Covid-19 usai tertular dengan tetangganya yang sebelumnya sudah terlebih dahulu terkonfirm positif Covid-19, Jumat (22/5/2020).

Pria tersebut berusia 28 tahun, warga dari Kecamatan Sumobito, Jombang, Jawa Timur. Pasien Covid-19 yang baru ini merupakan yang ke 26. Dan ini merupakan penularan melalui transmisi lokal.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengungkapkan, bahwa penularan transmisi lokal sudah terjadi di Jombang, dan ini sulit dikendalikan.

"Pria ini sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik di Mojokerto. Dan tertular karena pernah kontak dengan tetangganya yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya," ungkapnya.

Budi menjelaskan, tetangganya itu merupakan sepasang suami istri penjual sayur di Pasar Keputran, Surabaya. Yaitu MIA berusia 43 tahun dan istrinya K berusia 40 tahun.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

Budi mengatakan, pasien ini positif Covid-19 berdasar hasil tes swab yang keluar pada Rabu, (20/5/2020). Pria tersebut tergolong orang tanpa gejala (OTG), karena tidak memunculkan gejala Covid-19. "Saat ini pasien sudah dievakuasi dan diisolasi di Rumah Sakit Kristen (RSK) Mojowaro, Jombang. Karena ia tertular dari tetangganya, maka ini disebut sebagai transmisi lokal," katanya.

Budi menegaskan, apabila tidak segera dilakukan isolasi ke rumah sakit, maka transmisi lokal akan terus meluas. Penularan Covid-19 melalui transmisi lokal sangat sulit dicegah atau dikendalikan. "Pasien yang terkonfirmasi Covid-19 harus sadar diri, mau berobat dan menjalani isolasi. Ini terjadi (transmisi lokal, red) kan masyarakat sendiri tidak ada kesadarannya," pungkasnya.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

Kemudian, dari data yang dihimpun, pasien positif Covid-19 yang ke 27, merupakan seorang perempuan, usia 41 tahun, warga Kecamatan Diwek, Jombang, bekerja di Gresik. Saat ini dirawat di RS Petrokimia Gresik. Sehingga, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jombang, sampai saat ini sebanyak 27 orang.

Dengan rincian tiga orang isolasi di RSUD Jombang, menunggu hasil swab negatif kedua. Selanjutnya, tiga orang isolasi mandiri, 18 orang MRS di rumah sakit, dua orang dinyatakan telah sembuh, dan satu orang terkonfirmasi meninggal.(suf)

Editor : Aril Darullah

Tag :

BERITA TERBARU