•   Minggu, 29 Maret 2020
Bisnis Makro

PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur, Mampu Produksi 3.400 Balok Es per Hari

( words)
FOTO: Seorang pekerja melakukan proses produksi air minum kemasan Siropen di Pabrik Air Minum Dalam Kemasan kawasan Pandaan, Jawa Timur, Jumat (14/2/2020). (SP/JULIAN)


SURABAYAPAGI, Pasuruan – PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur yang dulu memiliki nama Pabrik Es Wira Jawa Timur merupakan salah satu perusahaan warisan zaman Belanda yang dipertahankan hingga saat ini. Pada tahun 1918, Pemerintahan Belanda membuat perusahaan Es di Jawa Timur yang bernama NV.V Vereenigde dan mempunyai tujuh anak cabang di Jawa Timur, diantaranya Surabaya, Pandaan, Malang, Lumajang, Situbondo, dan Jember. Semua unit usaha tersebut dipegang oleh Belanda, sampai pemerintahan Belanda menyerahkannya kepada Jepang, yang tidak lama kemudian menyerah dan menyerahkan kepada sekutu.

Dari rangakaian peristiwa tersebut Pemerintah Indonesia kemudian mengambil alih hingga tahun 1962 yang kemudian oleh negara, perusahaan diserahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Tingkat 1 Jawa Timur sebagai Perusahaan Industri Daerah Makanan dan Minuman (PINDAMAMIN) sampai tahun 1970.

Tahun 1985 diganti menjadi Perusahaan Daerah Es Parwira, yang kemudian tahun 1999 berganti menjadi Perusahaan Daerah Aneka Pangan, hingga pada 2015 PT. Pabrik Es Wira Jawa Timur berubah nama menjadi PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur, yang berkantor di Jl. Pabrik Es Kasri Pandaan Kabupaten Pasuruan, dengan produk-produk yang dihasilkan berupa Es batu dan air mineral. PT. Moya kasri Wira Jawa Timur dalam satu hari mampu memproduksi 85 ton es batu yang siap dikirim untuk melayani keperluan nelayan atau perikanan.

“Dalam satu hari kami mampu memproduksi 85 ton es batu untuk tahun 2020 ini, kami biasa mendistribusikannya ke pabrik ikan, atau yang langsung berhubungan dengan perikanan. Untuk satu es balok dijual mulai Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000 perbalok, harga tersebut meningkat hingga 25%sejak tahun lalu yang sebelumnya memproduksi 2.800 sampai 3.400 balok es per harinya karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi ” ujar Dra. Yuyuk Vestiani selaku Direktur PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur.

PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur yang juga memproduksi air minum dalam kemasan bernama S’water, dengan kapasitas ukuran 330 ml, 600 ml, 15.000 ml, dan 240 ml untuk ukuran gelas hingga galon. Pendistribusian S’water pada sekitar area Kota Surabaya dan sekitarnya, seperti Pemerintah Provinsi, Rumah Sakit, Madura, Lamongan, Malang, Tuban, Bojonegoro, dan Kabupaten lainnya di Jawa Timur.
“Tahun ini, kami mengalami peningkatan sebesar 150% untuk produksi air mineral. Untuk uji lab standarisasi air minum kami selalu lolos, jadi produk ini merupakan kembangan dan peningkatan dari produksi es balok” pangkas Dra. Yuyuk Vestiani selaku Direktur PT. Moya Kasri Wira Jawa Timur

Berita Populer