•   Sabtu, 29 Februari 2020
Peristiwa Nasional

Puluhan Penyandang Disabilitas Ikuti Ujian SIM di Polres Blitar .

( words)
Suasana uji SIM penyandang disabilitas di Polres Blitar. SP/LES


SURABAYAPAGI.com, Blitar - Puluhan penyandang disabilitas mengajukan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) D di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar. Sama halnya dengan pemohon SIM biasa, para mereka juga harus melewati serangkaian tes teori dan praktik.

“Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk memiliki SIM,” ungkap Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto melalui Kasat Lantas Polres Blitar AKP Yoppy Anggi Krisna, Kamis (13/2)

AKP Yoppy mengatakan, pada dasarnya, proses penerbitan SIM D untuk penyandang disabilitas sama dengan proses penerbitan SIM biasa. Yang membedakan adalah alat uji praktik yakni kendaraan yang disesuaikan spesifikasinya untuk penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas mengendarai kendaraan sepeda motor yang sudah dimodifikasi. Model kendaraan itu, disesuaikan dengan kebutuhan untuk penyandang disabilitas. Penyesuaian kendaraan juga mengutamakan aspek keselamatan pengendara.

“Kendaraan yang dimodifikasi tersebut harus memenuhi unsur-unsur keselamatan. SIM ini merupakan salah satu persyaratan dalam berkendara,” tegas AKP Yoppy.

AKP Yoppy menambahkan, untuk pemohon SIM D sebanyak 25 orang. Setelah mengikuti serangkaian tes tersebut, 25 orang itu dinyatakan kompeten dan berhak memperoleh SIM D. Untuk diketahui, SIM D adalah SIM khusus bagi pemotor penyandang disabilitas. Selain SIM motor, penyandang disabilitas yang bisa mengendarai mobil juga dilengkapi dengan SIM D2.

Samsul Muarif (37), salah satu pemohon mengatakan, mengajukan permohonan SIM D yakni untuk sepeda motor guna menunjang aktivitasnya. Warga Kecamatan Kanigoro ini mengaku keterbatasan bukan menjadi halangan baginya untuk mengendarai sepeda motor. Oleh sebab itu dirinya bersama teman penyandang disabilitas mematuhi aturan yaitu membuat SIM D.

“Kita ingin mematuhi peraturan pembuatan SIM sebagai salah satu syarat dalam berkendara,” ungkapnya.

Berita Populer