•   Jumat, 6 Desember 2019
Kriminal

Puluhan Suporter Jadi Korban Ricuh Jakmania-Bonek

( words)


SURABAYAPAGI.com - Kericuhan yang terjadi di Stadion Sultan Agung, Bantul, jelang duel Persija Jakarta versus Persebaya Surabaya, Minggu 3 Juni 2018, memakan banyak korban. Tak ada nyawa yang melayang, tapi puluhan orang mengalami luka-luka.

Dari korban luka, salah satunya merupakan Panitia Pelaksana PS Tira, Serda Risma. Dia menjadi korban lantaran mobil yang ditumpanginya dilempari batu oleh Bonek

Akibat serpihan kaca yang melayang, Risma mengalami pendarahan.

Sementara, sebanyak 46 suporter mengalami luka-luka dari bentrokan ini. Mayoritas korban merupakan Jakmania. Memang, saat bentrok berlangsung, jumlah Jakmania yang hadir lebih sedikit.

Relawan Palang Merah Indonesia Cabang Bantul, Gandung, menyatakan para korban mengalami cedera yang beragam. Namun, kebanyakan mengalami luka di bagian kepala.

"Mereka kena lemparan batu. Ada juga yang patah kaki karena lari dan terjatuh. Saya sempat tolong salah satu Jakmania yang kemungkinan alami patah kaki karena tak bisa berjalan," ujar Gandung, Senin 4 Juni 2018.

Seluruh korban dirawat di beberapa rumah sakit berbeda, kawasan Bantul. Komposisinya adalah RS PKU Bantul merawat sebanyak 12 orang, RSUD Bantul 12 orang, RS Rahma Husada empat orang, RSKB Ring Road satu orang, RS Griya Mahardika dua orang, RS Hardjo Lukito satu orang, RS Wirosaban lima orang, Puskesmas Pleret satu orang. Ada juga korban yang dirawat di tempat kejadian, sebanyak tiga orang.

Pada saat kejadian, dijelaskan Gandung, PMI Bantul sudah menurunkan kekuatan penuh dengan menerjunkan 43 petugas dan tujuh ambulans. Ini merupakan 80 persen petugas PMI yang bertugas di dekat Stadion Sultan Agung.

Berita Populer