•   Rabu, 20 November 2019
Ekonomi NKRI

Punya Sumber Pangan Melimpah, Rakyat masih Suka Konsumsi Beras

( words)
ILUSTRASI | Wikipedia


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Tingkat konsumsi komoditas beras di dalam negeri dilaporkan terus bertambah setiap tahunnnya. Hal ini menunjukkan kalau bahan pangan lainnya menjadi kian tidak diminati masyarakat. Padahal, Indonesia diketahui mempunyai sumber pangan yang melimpah sekaligus variatif.

Terkait hal ini, Direktur Program Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) Rony Megawanto mengungkapkan, pihaknya berharap supaya masyarakat bisa memanfaatkan bahan pangan lain di luar beras. Menurut Rony, mengutip laporan Badan Ketahanan Pangan, Indonesia sendiri sejatinya mempunyai 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, 75 jenis sumber minyak, 26 jenis kacang-kacangan dan 389 jenis buah-buahan.

Selain itu, Indonesia juga memiliki 228 jenis sayuran dan 110 jenis rempah dan bumbu. Dengan keberlimpahan ini, Indonesia merupakan negara dengan keragaman pangan terbanyak di dunia setelah Brasil. Hanya saja, masyarakat Indonesia sendiri cenderung memilih beras alih-alih sumber pangan lainnya.

Dia menyontohkan, perubahan sumber pangan bisa dilihat di Provinsi Papua. Pada masa lampau, orang-orang Papua memanfaatkan sagu sebagai sumber pangan utama. Kemudian, orang-orang Papua diketahui semakin banyak yang mengonsumsi beras sebagai sumber pangan pengganti sagu.

Selain di Papua, orang-orang Indonesia di belahan daerah lain juga mengubah sumber pangan mereka. Konsumsi komoditas beras yang tinggi di dalam negeri pada ujungnya membuat para petani menanam padi mereka di semua jenis lahan, padahal padi tidak bisa tumbuh di lahan sembarangan. "Sebaiknya petani menanan sorgum kalau di wilayah kering," ungkap Rony.

Berita Populer