Raih Penghargaan Pemimpin Terinspiratif, Ridwan Kamil : Ini Kerja Keras ASN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Okt 2020 05:58 WIB

Raih Penghargaan Pemimpin Terinspiratif, Ridwan Kamil : Ini Kerja Keras ASN

i

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menerima Penghargaan dari CNBC secara virtual. Foto: Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov Jawa Barat.

Bandung - Meski di tengah masa Pandemi Covid-19, Provinsi Jawa Barat tetap meraih prestasi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,  baru saja meraih penghargaan sebagai The Inspiring Leader dalam CNBC Indonesia Award 2020.

MEski begitu, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, tetap merendah. Menurutnya, dia hanya satu dari jutaan orang yang menggerakkan semua yang terjadi.

Baca Juga: Perdana Pimpin Apel, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Genjot Semangat ASN

“Maka itu, saya dedikasikan ini untuk seluruh ASN Pemda Provinsi Jabar dan masyarakat Jabar," katanya dalam sambutan penerimaan piala penghargaan secara simbolis via konferensi video di Command Center Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/10).

Kang Emil menegaskan, dalam memimpin Provinsi Jawa Barat dirinya tidak mengejar penghargaan dan pujian.

Tentu dia mengapresiasi dan berterima kasih, atas apa yang diberikan. Sebagai tolok ukur inovasi dan kebijakan yang telah diambil, memberi solusi nyata pada setiap persoalan yang ada.

“Paling penting itu manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, ujarnya.

Kang Emil dinilai mampu menginspirasi, menyerap aspirasi masyarakat, dan menyampaikan kebijakan dengan baik melalui sejumlah program serta layanan.

Baca Juga: Ribuan ASN Kemenag Jatim Ikuti Khataman Quran dan Istighosah Serentak

Saat penyerahan penghargaan, Kang Emil memaparkan sejumlah capaian positif Jabar di sektor ekonomi.

Semester pertama 2020, Jabar menempati peringkat pertama realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan total Rp57,9 triliun.

Ekspor Provinsi Jabar juga terus membaik di masa pandemi Covid-19. Saat ini, ekspor Jabar menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari hingga Agustus 2020, Jabar menyumbang 16,28 persen atau 16,79 miliar dolar Amerika Serikat terhadap ekspor nasional, disusul Jawa Timur sebesar 12,95 persen dan Kalimantan Timur sebesar 8,44 persen.

Baca Juga: Bawaslu Kota Mojokerto Gandeng Media Ikut Sukseskan Pemilu 2024

Kang Emil mengungkapkan pihaknya menempuh empat upaya untuk terus menggerakkan perekonomian Jabar hingga akhir tahun 2020.

Pertama, meningkatkan investasi. Kedua, memperluas pasar ekspor. Ketiga, memperkuat daya beli masyarakat. Keempat, memaksimalkan belanja pemerintah.

CNBC Indonesia Award adalah program penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah dan Bank Pembangunan Daerah berprestasi.  rko

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU