•   Rabu, 18 September 2019
UKM & UMKM

Rambah Jatim, NWP Retail Buka Mall di Bondowoso dan Tuban

( words)
Booth NWP Retail di Info Franchise and Business Concept Expo 2019 di Square Ballroom, ICBC Center lantai 3, Surabaya.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Nirvana Wastu Pratama (NWP) Retail ikut meramaikan ’Info Franchise and Business Concept Expo 2019 di Square Ballroom, ICBC Center lantai 3, Surabaya.

Dalam event bergengsi yang digelar pada 2-4 Agustus 2019 ini, NWP Retail memastikan bahwa pihaknya mulai merambah Jawa Timur. Untuk target pertama, NWP Retail akan membangun mall di Tuban dan Bondowoso. Mall ini akan mulai beroperasi pada tahun 2020 nanti.

Demikian ditegaskan oleh Head of Operating Properties Nirvana Wastu Pratama (NWP) Retail Teges Prita Soraya. "Untuk di Jatim, tahun 2020, mall kita buka di Bondowoso dan Tuban. Silahkan jika minat untuk berdagang di sana," kata Teges.

Ia menambahkan, kelebihan dari NWP Retail adalah memberi fasilitas untuk pengusaha-pengusaha UKM ataupun pengusaha yang masih baru merintis bisnis, untuk bisa membuka usaha di mall.

"Untuk itu, kami menawarkan sewa stan di mall yang kami bangun, dengan harga sejuta-an per bulan. Nominal ini untuk stan seluas 2x3 meter," ujar Teges.

Pada kesempatan ini, Teges nenegaskan bahwa bisnis pembangunan dan manajemen mall masih sangat potensial.

Buktinya, meski saat ini lagi jamannya belanja online, pihaknya malah akan membangun belasan pusat belanja baru di seluruh Indonesia.

Dia mengimbuhkan, bisnis ritel tidak akan mati selama konsepnya original dan otentik, lokasi tepat, status sewa, dan segmen pasarnya sesuai.

Dalam hal pemilihan lokasi, kata Teges, sangat menentukan berhasil tidaknya keberadaan pusat belanja tersebut.

"Lokasi harus cukup strategis dan mudah dijangkau atau acessible. Sementara dalam radius sekian kilometer, masih belum ada pusat belanja, itu berkah buat kami untuk segera membangunnya," ujar Teges, Jumat (2/8/2019).

Menurut Teges, selain lokasi, konsep juga memainkan peranan penting. Mal gaya hidup atau lifestyle mall baginya sudah terlalu umum.

Oleh karena itu, NWP Retail menggali ceruk konsep yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan segmen pasar yang dibidik, yakni community mall.

Di kota-kota tier dua atau tiga, mal komunitas sangat dibutuhkan. Pasalnya, ada banyak kegiatan, terutama yang menyangkut kedinasan pada pemerintahan kota/kabupaten terkait wisata, budaya, kuliner, hobi, dan sosialisasi-sosialisasi kebijakan, belum terakomodasi oleh gedung-gedung yang ada.

Tak mengherankan jika pusat-pusat belanja yang dikelola NWP Retail mencatat tingkat okupansi di atas rata-rata 90 persen dengan jumlah kunjungan puluhan ribu orang per hari.

Menurut Teges, NWP melakukan kategori pusat belanja ke dalam tiga kelas. Masing-masing Citimall untuk kelas menengah-bawah, Citipark untuk kelas menengah, dan The Park untuk menengah-atas.

Diferensiasi terletak pada luas area yang dikembangkan, tenancy mix, kelas penyewa (peritel), dan kelengkapan peritel.

Saat ini, NWP Retail akan membuka 15 pusat belanja baru untuk menambah daftar aset yang dikelola.

Di antara 15 pusat belanja baru tersebut, terdapat dua pusat belanja yang akan segera dibuka yakni The Park Sawangan, Depok, dan The Park Semarang.

Sementara yang lainnya tersebar di Bogor, Dumai, Semarang, Medan, Tuban, Bondowoso, Kendari, Cianjur, dan Sorong.

Seluruh pusat belanja tersebut berstatus sewa atau lease mall. NWP Retail menghindari membangun strata title mall atau trade center.

Selain karena kepemilikan ada pada perorangan, trade center tidak bisa menjamin konsep community mall atau apa pun bisa diimplementasikan dengan baik.

"Selain itu, tentu saja komitmen pengembang dalam menyelesaikan pembangunan fisik," sambung Teges.

Faktor lain yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan pusat belanja adalah leveling atau klasifikasi.

Contohnya The Park Solo dan Cirebon Super Block yang menyediakan semua kebutuhan warga di lokasi sekitar, mulai dari busana, hobi, bioskop, pusat kebugaran, department store, supermarket, pusat hiburan, aneka permainan anak, kuliner, dan lain-lain.

NWP Retail merupakan perusahaan joint venture bentukan PT Citi Retail Development Tbk dengan Warburg Pincus.

Mereka telah mengoperasikan 15 pusat belanja yang tersebar di seluruh Indonesia. Ke-15 pusat belanja tersebut adalah CSB Mall Cirebon, Citimall Ketapang, Citimall Pangkalan Bun, Citimall Sampit, Citimall Kuala Kapuas, Citimall Baturaja dan Citimall Lahat.

Kemudian Citimall Prabumulih, Citimall Cianjur, Citimall Sukabumi, Palu Grand Mall, dan Citimall Gorontalo.

Selain mal, NWP Retail juga mengelola Swiss-belhotel Cirebon sebanyak 182 kamar, dan Maqna Hotel dengan 176 kamar. Nama terakhir akan dikonversi menjadi Aston Hotel.

"Aston juga akan mengelola hotel baru kami di Ketapang, Kalimantan Barat, Prabumulih, Sumatera Selatan, dengan merek Fave," pungkas Teges.bs

Berita Populer