•   Kamis, 2 April 2020
Otonomi Daerah

Rapat Paripurna DPRD Tolak KPBU, RSUD Krian Akhirnya Dibangun Dana APBD

( words)
Hj Mimik Idayana menyerahkan Pandangan FGerindra menolak KPBU pada Wabup Nur Ahmad


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Harapan Bupati (nonaktiv) Sidoarjo Saiful Ilah yang ngotot membangunan RSUD Krian (Sidoarjo Barat) dengan skema KPBU akhirnya kandas di DPRD Sidoarjo. Enam Fraksi DPRD Sidoarjo selain Fraksi PKB, menyatakan menolak kerjasama pembangunan rumah sakit Sidoarjo barat dengan skema KPBU.
Penolakan enam fraksi yakni Fraksi PDIP, GERINDRA, PAN, GOLKAR, PKS dan Fraksi Nasdem Demokrat ini , kemudian menjadi keputusan bersama di sidang paripurna, Rabu (19/2/2020) yang memiliki kekuatan mengikat seluruh fraksi yang diketok menjadi keputusan paripurna oleh Bambang Riyoko wakil ketua dewan yang memimpin paripurna.
Fraksi PKB dalam sikapnya melalui H.Saiful Maali, tetap menyatakan mendukung skema KPBU dalam pembangunan rumah sakit Sidoarjo barat.
Landasan yang digunakan FPKB dalam sikap persetujuannya itu, adalah penggunaan skema KPBU pada proyek infrastruktur lain dengan skema KPBU.
“Penggunaan skema KPBU pada proyek air bersih umbulan di Sidoarjo dan Surabaya, merupakan satu contoh bagaimana pemerintah pusat mendorong penggunaan KPBU ini. Karenanya FPKB tetap mendukung skema KPBU pada pembangunan RSD Sidoarjo barat,” ujar Saiful Maali.
Selanjutnya setelah pandangan fraksi PKB ini, giliran fraksi PDIP melalui dr Wijono selaku juru bicara menyampaikan sikapnya.
Dan seperti yang sudah diketahui, FPDIP menyatakan menolak skema KPBU ini, yang selanjutnya diamini oleh lima fraksi lain yskni Fraksi Gerindra, PAN-PPP, Golkar, Nasdem-Demokrat dan PKS yang sama-sama menolak.
“Penggunaan skema KPBU pada pembangunan RSD Sidoarjo barat, bertentangan dengan UU No 40 tahun 2009 tentang kesehatan. Serta bisa berpotensi merugikan keuangan daerah. Sehingga dengan tegas kami menolak skema KPBU ini,” ujar Hj Mimik Idayana dari Fraksi Gerindra.
Sementara itu wakil bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin SH, menyatakan menerima hasil paripurna dewan yang menolak skema KPBU dalam pembangunan RSD Sidoarjo barat.
Wabup bersyukur, sudah ada keputusan pasti dari polemik skema yang akan digunakan dalam pembangunan rumah sakit barat.
“Dengan penolakan skema KPBU ini, maka kita akan matangkan pembangunan RSD barat dengan skema APBD,” ujar Wabup Nur Ahmad. sg

Berita Populer