Ratusan Siswa SMP Pagerungan di Sumenep Lakukan PJJ

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Agu 2020 17:55 WIB

Ratusan Siswa SMP Pagerungan di Sumenep Lakukan PJJ

i

Kepala Sekolah SMPN Pagerungan, Mostarom S.Pd, di kediamannya. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Kepala Sekolah SMP Pagerungan Kab. Sumenep, Mostarom SPd, ditengah pandemi covid-19 ini menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk semua siswanya yang ada di Kepulauan Pagerungan Kab. Sumenep. Sebanyak kurang lebih 200 siswa SMP di Pagerungan Kab. Sumenep kini diberlakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Menurutnya, pembelajaran ini dilakukan agar efektifitas siswa dalam menyerap pembelajaran selama pandemi covid-19 bisa terus terakses. Namun, terdapat sedikit kendala dalam pembelajaran berbasis online.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

“Untuk wilayah kepulauan terkendala dengan jaringan, dan di daerah kepulauan itu ada dua tower namun tetap saja lodingnya gak kuat, jadi pembelajaran berbasis online itu dirasa kurang maksimal,” ujarnya kepada surabayapagi.com (03/08).

Dikatakan Kasek, Pemkab Sumenep setidaknya bisa memberikan bantuan didalam mengatasi persoalan lemotnya jaringan di kepulauan tersebut. “Saya kurang paham masalah kerjasamanya dengan pihak perusahaan mengenai jaringan seluler, namun yang saya rasakan, jika menggunakan kartu XL terkadang bisa dan terkadang tak bisa sama sekali, tapi kalau Telkomsel masih bisa digunakan meskipun sedikit lemot,” ujarnya.

Baca Juga: Lalin dari Bangkalan Menuju Sampang dan Sumenep Tersendat Banjir

Jadi, sambungnya, seandainya jaringan tidak menjadi kendala kemungkinan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dirasa sangat berkembang dengan menggunakan beragam Teknologi dan Informasi seperti Radio, Televisi, dan Telokomunikasi, khususnya di era pandemi covid-19 ini.

Kasek menjelaskan mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) itu tak sama dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). “Jadi pembelajaran luar jaringan (luring) dan pembelajaran daring, sementara pembelajaran secara daring adalah media pembelajaran model interaktif berbasis internet, dan sekolah di SMP pagerungan lemot dalam jaringan,” kilahnya.

Baca Juga: Oleng, Bus Tabrak Pohon dan Rumah Warga di Sumenep

“Saya contohkan, penerapan pembelajaran luring melalui buku pegangan siswa dan guru. Jadi pada saat PJJ ini guru bisa meminjamkan buku pegangannya tersebut kepada siswa, entah itu dipinjamkan kepada kelompok belajar siswa atau di antarkan ke rumah siswa,” pungkasnya.ar

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU