Reses di Sumawe, Sri Untari Ajak Pemuda Desa Berwirausaha

Sri Untari menyerahkan bantuan Bola Sepak kepada pemuda di Desa Sumbermanjing Wetan, Kab Malang (17/9/2020).SP/RKO

SURABAYAPAGI, Malang - Kemampuan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Sri Untari dalam mengelola Koperasi dan UMKM akan ditularkan ke generasi muda di Daerah Pemilihan Malang Raya (Dapil VI). Hal tersebut disampaikan langsung ketika menyerap aspirasi di Desa Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, Kamis (17/9/2020).

Dalam Reses yang dihadiri warga setempat, Pemuda Desa, Tokoh agama dan 15 Kepala Desa se Kecamatan Sumbermanjing Wetan itu, Sri Untari menyampaikan keinginannya untuk merekrut satu pemuda di setiap desa. Untuk dilatih leadership, kesamaptaan, serta wirausaha.

“Saya minta setiap desa mengirim satu anak muda perempuan atau laki-laki untuk kita didik di Rumah Joeang saya latih dengan soft skill dan hard skill,” kata perempuan yang akrab disapa Bunda Untari ini.

Untari melihat, potensi anak muda di desa-desa sangat besar sekali untuk ditumbuhkan kembangkan dan kesejatian sebagai penerus kecintaan pada bangsa Indonesia. Disitulah secara Hard Skill nya akan dilatih berkaitan kepemimpinan, bagaimana mereka mencintai bangsa dan negaranya lewat latihan kesamaptaan seperti baris berbaris dan sebagainya. Lalu melatih Soft skillnya agar memiliki peran dalam memberdayakan ekonomi.

Khususnya di desanya masing-masing. Untuk soft skill bekerjasama dengan beberapa marketplace yang butuh anak-anak muda. Untuk di create dilatih mampu menciptakan produk lokal di desa yang layak jual.

“Saya akan melatih wirausaha kepada anak-anak muda dari desa dan bermanfaat untuk pemuda lainnya di desa asalnya,” sebut Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia ini.

Koperasi SBW (Setia Bakti Wanita) yang dipimpinnya juga akan melakukan pendampingan. Sisi manajemennya bagaimana berkoperasi dan berwirausaha itu dari tim koperasi SBW Malang. Termasuk dalam hal permodalan untuk memulai usaha.

“Kita istilahnya menjadi ibu asuh dari kopwan maupun anak-anak muda, agar tercipta peluang usaha di tengah pendemi covid ini, dan anak-anak muda tidak harus untuk bekerja di luar daerah, cukup mengoptimalkan potensi di desa masing-masing,” papar Untari sembari membagikan beberapa bola sepak untuk digunakan anak-anak muda di Sumawe semakin giat berolahraga, menjaga imun tetap tinggi, dan juga meningkatkan prestasi.

“Kalau bola ini membuat mereka sering berlatih maka ada prestasi, lalu tidak menutup kemungkinan muncul pemain bola professional dari desa Sumbermanjing wetan untuk tampil di tingkat provinsi maupun nasional,” harap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Dalam kesempatan itu, Untari juga menerima sejumlah aspirasi dari masyarakat di Kecamatan Sumawe. Diantaranya adalah mengenai koperasi wanita yang kurang berkembang. Kemudian soal air bersih yang susah hingga penerangan jalan karena wilayah tersebut mayoritas adalah hutan-hutan yang gelap ketika malam.

“Semua Aspirasi seperti ini wajib saya dengarkan. Soal air yang susah, Pak Sujono (kades sumawe) saya sarankan untuk mencari sumber air yang besar. Ke depan akan coba kita carikan cara agar bisa ngebor dan bisa mengalir ke desa-desa sekitarnya. Agar ketika musim kemarau tidak lagi kekeringan,” pungkas Untari yang setiap reses juga memberikan paparan tentang perkembangan wabah Covid-19 serta tindakan pencegahan dan penangangan yang telah atau akan dilakukan Pemprov Jawa Timur. rko