Resmi: Hari Ini KBS di Buka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Jul 2020 17:22 WIB

Resmi: Hari Ini KBS di Buka

i

KBS Surabaya resmi dibuka dan terlihat masih sepi pengunjung, Senin (27/07/20).SP/BYT

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kebun Binatang Surabaya, Senin (27/07/20) telah resmi di buka. Dari pantauan Surabaya Pagi, para pengunjung yang memadati KBS masih terlihat sepi.

KBS juga menerapkan sistem satu jalur, para pengunjung akan memasuki pintu masuk akan di arahkan pada jalur sisi Timur dan pintu keluar pada sisi barat.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Terlihat juga, KBS menerapkan sistem physical distancing dengan membuat jarak maksimal antar pengunjung yang ingin melihat para satwa dengan tanda yang telah dibuat.

Nampak para guide yang juga membantu para pengunjung untuk menikmati akses mengelilingi KBS, walaupun beberapa wahana masih belum di buka oleh KBS.

Kabag Humas Wini Hustiani menuturkan bila penerapan satu jalur bertujuan agar para pengunjung tidak saling berpapasan, para pengunjung yang hendak berkunjung ke KBS dapat mengakses tiket online pada laman www.surabayazoo.co.id.

"Kami menerapkan satu jalur, pengunjung yang datang bisa lewat dari sisi barat dan pulang dari sisi timur. Pada sesi pertama pukul 08.30-11.30 dan sesi dua pukul 12.30-15.00 WIB. Lalu yang tidak boleh masuk sementara untuk ibu hamil, balita, dan lansia yang berusia 60 tahun keatas" ungkapnya.

Untuk sementara, KBS tidak menyediakan fasilitas rekreasi seperti tunggang satwa atau memberi makan satwa. Tenant beserta acara juga terpaksa di off kan selama ujicoba pembukaan KBS.

"Kami tidak menyediakan fasilitas reakreasi seperti tunggang satwa dan memberi makan satwa tidak ada. Hanya jalan-jalan menikmati satwa saja, tenan di tiadakan juga dan acara kami of kan dulu" terangnya.

Wini juga menerangkan bila para pengunjung tidak perlu kawatir tentang protokol kesehatan yang ada di lingkungan KBS, sebab KBS menyediakan hand sanitizer di 23 titik dan tempat cuci tangan sebanyak 30 titik. Terdapat juga Selter sebanyak 15 titik yang tersebar di jalur Utara, selatan, timur, dan barat.

Pembukaan KBS akan berlangsung selama satu bulan akan menjadi bahan evaluasi dari pihak PDTS dan Pemerintah Kota Surabaya.

Direktur Utama PDTS KBS, Chairul Anwar mengatakan, antusias warga Surabaya dalam menyambut hari pertama pembukaan sudah mulai terlihat. Saat sesi pertama pukul 08.30 – 11.30 WIB, beberapa pengunjung sudah mulai berdatangan. Meskipun terpantau masih terlihat landai, itu lantaran pembukaannya dilakukan pada hari kerja.

“Jumlahnya belasan di sesi pertama. Masih landai mungkin karena hari Senin ya. Untuk sesi kedua ini sudah ada pengunjung yang mulai masuk. Tetapi mereka (pengunjung) sudah patuh dan tertib,” kata Chairul Anwar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Chairul menjelaskan, sebelum masuk ke KBS, setiap pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker. Jika ditemukan pengunjung yang tidak mengenakan masker, pihak KBS telah menyiapkan masker di pintu masuk.

“Itu untuk warga yang tidak membawa masker. Tetapi diharapkan semuanya membawa masker tanpa terkecuali,” paparnya.

Kapasitas total  KBS menerima kunjungan, ialah 1.500 pengunjung. Kemudian pada hari Jum'at sebanyak 500 orang dan pada akhir pekan total kapasitas 3.000 pengunjung terbagi menjadi dua sesi.

“Untuk hari Jum'at kapasitas kami 500 orang karena hari pendek. Sebelum ada pandemi juga untuk KBS sendiri tidak sebanyak hari biasanya,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam satu bulan ini, orientasi pembukaan KBS bukan pada profit semata. Melainkan pada sosialisasi adaptasi pengenalan baru kepada warga yang membantu Pemkot Surabaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tata cara berkunjung ke destinasi wisata pada masa pandemi Covid-19.

“Bagaimana tata tertib dan tata cara berkunjung  ke destinasi wisata, utamanya lembaga konservasi pada masa pandemi ini,” urainya.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Bahkan untuk menegakkan protokol kesehatan, pihak KBS telah menyebarkan petugas ke berbagai titik keramaian agar tidak terjadi penumpukan pengunjung. Mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar. Menariknya, dalam setiap 15 menit sekali petugas akan mengingatkan pengunjung melalui pengeras suara agar warga tetap patuh pada protokol selama berwisata.

“Nanti pengunjung wajib berjalan satu jalur sesuai dengan tanda-tanda yang ada. Melihat hari ini pengunjung sudah tertib,” jelasnya.

Yudha (25), salah satu pengunjung KBS mengungkapkan bila dirinya mengaku senang KBS telah dibuka dapat dinikmati oleh pengunjung.

"Saya senang mengetahui KBS sudah dibuka kembali walaupun saya hanya bisa berkeliling saja dan haru menjaga jarak dengan teman yang lain. Namun untuk membeli tiket cukup kesulitan karena ada gangguan server yang saya alami semalam. Selebihnya sudah lumayan untuk rekreasi di tengah pandemi" pungkasnya.Byt

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU