•   Minggu, 29 Maret 2020
Pendidikan

Revolusi Ekonomi di Jaman Sekarang

( words)
Difi Ahmad Johansyah Kepala Regional Bank Indonesia Jawa Timur di ICIEBP. FOTO : SP/Prila


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Siang ini (22/11) diadakan The 2nd International Conference on Islamic Economics, Business, and Philanthropy (ICIEBP) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Difi Ahmad Johansyah selaku Kepala Regional Bank Indonesia menyampaikan pidato singkat mengenai Ilmu ekonomi yang mengalami perubahan di era sekarang.

“Saatnya mempertegas perjalanan ekonomi syariah dengan melakukan eksekusi, bukan menyelesaikan masalah dengan makalah melalui perkembangan ekonomi syariah.” Ujar Difi Ahmad Johansyah.

“Saya telah berada di Bank Indonesia sekitar lebih dari 30 tahun dan melihat adanya perubahan dalam ilmu ekonomi. Dulu, ilmu ekonomi sama dengan matematika namun kini menjadi psikologi” tambah Difi.

Perubahan dari Ilmu Ekonomi ini disebabkan oleh perilaku manusia yang sulit untuk diprediksi. Sehingga, kini ekonomi bergantung pada perilaku manusia yang berubah ubah. “Sulit untuk melakukan forecast lima tahun ke depan seperti sebelumnya karena enam bulan saja sudah sulit diprediksi” ujar Difi.

Sekarang ini, ilmu ekonomi bukan lagi hubungan masa lalu dan masa depan tapi lebih pada kausalitas yaitu sebab dan akibat. Bagaimanapun caranya untuk merespon ancaman yang muncul di masa depan melalui hubungan kausalitas. Pr

Berita Populer