•   Sabtu, 29 Februari 2020
Ekonomi NKRI

Rudal Iran Bombardir Pangkalan AS di Irak, Rupiah Langsung Melemah

( words)
Rupiah Indonesia atau Rupiah saja adalah mata uang resmi Indonesia


SURABAYAPAGI.COM,-Keperkasaan rupiah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun 2019 belum lagi terlihat di awal tahun 2020. Dalam 3 hari hari perdagangan tahun ini, semuanya diakhiri di zona merah.

Pada pukul 08.21 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.935 per dollar AS, melemah 57 poin atau sebesar 0,41 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.878 per dollar AS Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, ketegangan antara AS dan Iran yang berujung pada serangan balasan Iran ke basis militer AS di Iraq dinilai akan mendorong rupiah melemah.

"Dini hari tadi ada serangan militer balasan dari Iran ke basis militer AS di Iraq dengan menembakkan rudal. Menumbuhkan sentimen hindar resiko yang akan membayangi perdagangan di pasar keuangan hari ini termasuk rupiah," kata Ariston

Konflik antara AS dengan Iran memberikan dua pukulan telak bagi rupiah.Pertama, memburuknya sentimen pelaku pasar, sehingga lebih memilih bermain aman dengan berinvestasi di asetsafe haven.Kedua, kenaikan harga minyak mentah yang dapat menambah beban impor migas. Dampaknya rupiah pun mencatat pelemahan 3 hari berturut-turut.

Hubungan AS dengan Iran memanas setelah pada Jumat (3/1/2020) pesawat tanpa awak Paman Sam melancarkan serangan di Bandara Baghdad yang menewaskan Jenderal Quds Force, pasukan elite Iran, Qassim Soleimani bersama dengan wakil komandan milisi Iran atau yang dikenal dengan Popular Mobilization Forces (PMF).

Berita Populer