•   Rabu, 18 September 2019
Ekonomi NKRI

Rupiah Melemah 0.14%, Setelah Menguat 4 Hari Beruntun

( words)
Ilustrasi, SP/crmati


SURABAYAPAGI.com – Rupiah mengalami pelemahan pada perdagangan pasar hari ini Selasa (10/9). Pelemahan ini diduga karena kejamnya take profit setelah rupiah menguat lebih dari 1% dalam 4 hari terakhir.

Pada Selasa (10/9/2019), US$ 1 setara dengan Rp 14.045 kala penutupan pasar spot. Rupiah melemah 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Sementara itu, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan nilai tukar rupiah di posisi Rp14.031 per dolar AS atau menguat dibanding kemarin yakni Rp14.092 per dolar AS. Pada hari ini, rupiah berada di dalam rentang Rp14.026 hingga Rp14.055 per dolar AS.

Rupiah tidak sendirian melemah di Asia. peso Filipina menjadi mata uang dengan kinerja terburuk setelah melemah 0,33%, disusul dengan rupee India yang melemah 0,18%.

Kinerja mata uang utama Asia hari ini terbilang variatif, yuan China, ringgit Malaysia, dan won Korea Selatan mampu mencatat penguatan. Sementara beberapa mata uang lainnya stagnan.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pelaku pasar ragu bahwa Bank Sentral Eropa akan melakukan pelonggaran kebijakan moneter pada pertemuan Kamis (12/9) mendatang. Namun, sebagian kecil pelaku pasar masih berharap Bank Sentral Eropa memangkas suku bunga deposito perbankan dan menggelontorkan stimulus pada pekan ini.
Diolah dari berbagai sumber

Berita Populer