RW Baru Rungkut Mapan Barat Pertahankan Kerukunan Dan Keanekaragaman Antar

SURABAYAGI.COM, Surabaya - RW 08 Rungkut Mapan Barat (RMB) resmi memilih pemimpin baru melalui rapat perdana pengurus di Bromelia Resto, Surabaya, Kamis (19/12/2019) malam.

Estafet kepemimpinan Rukun Warga yang semula dipimpin oleh Wahyu P Kuswanda kini beralih ke Bambang Nur Hadi mulai periode 2020 - 2022. Dibawah Wahyu, RMB mampu mencetak beberapa prestasi dan inovasi yang membanggakan bagi warga RMB.

Diantaranya adalah juara Green and Clean dan Kampung Arek Suroboyo (KAS). Kampung Bhinneka Tunggal Ika tersebut juga dikenal dengan nuansa kerukunan antar warga yang kental.

"Luar biasa prestasinya, kita tidak akan bisa mengikuti namun kita akan mempertahankannya," ungkap Bambang.

Daam kesempatan tersebut, Bambang yang merupakan ketua RW yang baru juga mengapresiasi atas prestasi yang ditorehkan pendahulunya dan berjanji akan mempertahankan citra RMB sebagai kawasan guyub rukun aman sentosa bagi seluruh warganya.

"Kita akan mempertahankan keaneka ragaman yang ada di Rungkut Mapan Barat serta meningkatkan guyub rukun antar warga dan mempertahankan keamanan dan kenyamanan lingkungan," kata Bambang.

Oleh sebab itu pihaknya memfokuskan pada sie ketentraman dan sie kebersihan dan lingkungan hidup. Namun bagian terpenting adalah bisa saling mengenal antara satu sama lain.

"Kita akan lebih fokus di periode 2020 - 2022 ini," tandasnya.

Bambang mengusung visi utama membuat hunian RMB guyub rukun, aman, tenteram, dan nyaman. Sedangkan misinya memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat berupa administrasi maupun fisik, aktifitas atau fasilitas.

Guna mendukung upaya tersebut, Bambang terus berupaya meningkatkan komunikasi antar warga.

"Kita ingin tiap satu bulan sekali mengundang warga untuk makan malam bersama di ruang terbuka, di situ akan meningkatkan komunikasi antar warga," tambah Bambang Nur Hadi.

Sementara generasi milenial akan mendapat pelatihan sesuai kegemaran mereka mulai olahraga dan kesenian seperti dance.

Semuanya ia sampaikan dalam rapat perdana ini. Bambang selaku ketua RMB baru menyampaikan struktur organisasi, visi, misi, dan penyampaian strategi dari kepada kepala bidang.

Ada empat bidang yang mendukung program rukun warga. Yakni bidang pembangunan lingkungan hidup dan kebersihan, PKK dan sosial, Karang Taruna Pemuda dan Olahrga, dan humas.

Strategi dari kepala bidang akan diturunkan ke sie untuk membuat inisiatif setelah itu mereka akan mengadakan rapat dalam internal masing - masing bidang membicarakan pelaksanaan program kerja.

"Program kerja meliputi rencana anggaran, jadwal, dan jika disetujui baru jalan," katanya.

Selama ini semua anggaran kegiatan RMB merupakan swadaya warga yang dikumpulkan melalui RT. Tiap warga bergotong royong memberikan kontribusi kepada RMB.

Sementara menindak lanjuti rencana Pemerintah Kota Surabaya yang akan mengucurkan anggaran Rp 300 juta tiap RW, Bambang menyambut baik dengan menetapkan program kerja bekerjasama dengan kelurahan. Proker itu akan diajukan lewat Musrenbang 2020.

"Nanti akan kita ajukan lewat Musrenbang dengan program kerja yang jelas. Pasti kita akan mengajukan proposal antara lain gledekan sampah, sepeda motor, alat - alat olahraga, alat - alat pelatihan, dan pelatihan itu sendiri," pungkas ketua baru RW 08 Rungkut Mapan Barat tersebut. Byob