•   Selasa, 17 September 2019
Pendidikan

Sabet Penghargaan PPA, Kabupaten Jember Dinyatakan Sebagai Kabupaten Ramah Anak

( words)
Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR (berkerudung merah)


SURABAYAPAGI.com, Jember - Kabupaten Jember setelah mendapatkan Kabupaten Ramah Disabilitas. Kali ini, Kabupaten Jember bisa menyabet penghargaan prestisius dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Yohana Yambise. Acara yang digelar di Dyandra Convention Hall Sutabaya (23/7), ini merupakan kali pertama didapat oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan-Anak dan Keluarga Berencana (DP2KB).
Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, menyampaikan dalam wawancaranya sesaat setelah penerimaan penghargaan Menteri PPA, Penghargaan tersebut diberikan karena Kabupaten Jember memenuhi kriteria yaitu Memenuhi Hak-hak Sipil, diantaranya pemenuhan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah mencapai 92 persen dari daftar Anak-anak yang telah memiliki KIA. Tak Hanya itu saja, di Jember telah menerapkan bahwa setiap anak harus mendapatkan hak pengasuhan secara layak dan baik, meski itu diluar pengasuhan orang tuanya sendiri.
Dikatakan juga bahwa di Kabupaten Jember, anak-anak telah mendapatkan fasilitas kesehatan secara gratis, terutama bagi anak-anak yang mengalami stunting, difabel. "Dimana anak-anak Jember yang mengalami stunting dan difabel mendapatkan asuransi kesehatan", ungkap Faida.
Bupati Faida juga menyampaikan bahwa selain daripada hal-hal yang masuk dalam kategori tersebut. Kabupaten Jember juga telah menerapkan akses-akses khusus untuk di puskesmas dan sekolah bagi anak-anak. Faida juga mengatakan bahwa di Jember, anak-anak diperbolehkan untuk memilih sekolah-sekolah yang dikehendaki termasuk bagi anak-anak difabel akan diberikan kelas-kelas inklusi.
Untuk itu, Bupati Dokter pertama di Jember ini berharap ditahun yang akan datang harus bisa meraih penghargaan PPA Madya. "Ini harus menjadi motivasi bagi DP2KB untuk bisa membawa penghargaan Madya di tahun depan", pungkasnya.ndik

Berita Populer