•   Rabu, 16 Oktober 2019
SGML

Safari Ramadhan, Seluruh Unit Pelayanan Buka Stan

( words)
Bupati Fadeli saat menyapa kakek yang memeriksa kesehatannya dalam safari ramadhan di Mantup. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Ada yang berbeda dalam safari ramadhan bupati Lamongan Fadeli tahun ini. Seluruh unit pelayanan Pemkab Lamongan disertakan untuk turun gunung tumplek blek jemput bola membantu kebutuhan warga. Seperti saat Safarai Ramdhan di Desa Sukobendu Kecamatan Mantup, Selasa petang (22/5). Masyarakat setempat dimanjakan sejumlah stan pelayanan Pemkab Lamongan.
Stan pelayanan milik Dinas Kesehatan sore itu sepertinya yang paling ramai peminat. Hampir 100 warga memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis oleh petugas kesehatan.
Stan lain yang ramai dikunjungi warga adalah milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Lebih dari 30 orang warga Sukobendu dan sekitarnya melakuan perekaman dan sekaligus pencetakan KTP elektronik.
Sementara itu beras sebanyak 1.250 kilogram di pasar murah milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga ludes dalam sekejap.
Selain sejumlah stan tersebut, Dinas Perpustakaan Daerah juga menerjunkan mobil bacanya. Kemudian Dinas Perikanan memnuhi stan mereka dengan produk unggulan dan BPJS Kesehatan juga membuka stan pendaftaran dalam rangka pemenuhan target Universal Health Coverage (UHC) 100 persen di akhir 2018.
Saat di Masjid Jami’ Al-Fattah Sukobendu, Fadeli menyampaikan bantuan 50 tas sekolah untuk anak kurang mampu, sembako 150 paket, dan 50 paket makanan tambahan protein hewani.
Safari Ramadhan itu dihadiri pula oleh Wabup Kartika Hidayati, Sekkab Yuhronur Efendi dan jajaran Forkopimda setempat.
Diantara Forkopimda yang hadir secara pribadi adalah Kapolres AKBP Feby D.P. Hutagalung.
Dia sempat memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar kembali meningkatkan kepekaan sosial, bersama-sama menjaga wilayahnya. Itu disampaikannya terutama terkait gangguan kemananan oleh teroris di Surabaya beberapa waktu lalu.
Menyambung itu, Bupati Fadeli sendiri memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menjadikan Lamongan tetap kondusif. “Sesuai ajakan Pak Kapolres tadi, mari kita jaga wilayah masing-masing. Jangan sampai misalnya, ada tamu yang bermalam berhari-hari didesa, dan tidak ada yang tahu. Kearifan lokal seperti Siskamling juga Saya rasa perlu untuk dihidupkan kembali, “ ujarnya.
Dalam Safarai Ramadhan itu Fadeli mengungkapkan sejumlah program unggulan. Seperti penuntasan UHC 100 persen di akhir 2018, program rumah sehat, mobil sehat untuk setiap desa dan sepeda sehat untuk setiap kader posyandu.
Untuk mobil sehat, saat ini sudah 3.475 unit yang diberikan dan menyusul lagi sebanyak 1.743 di tahun 2018. Sementara untuk mobil sehat, saat ini sudah 182 desa yang mendapat fasilitas ini.jir

Berita Populer