•   Selasa, 19 November 2019
Ekonomi China

Salip AS, China Akan Juarai Pasar Asuransi Terbesar di China

( words)
Prosesi penandaan China Life beroprasi di Indonesia SP/Kmps


Setelah China akan menjadi leader dalam peluncuran jaringan 5G secara global diseluruh dunia kini, pasar asuransi terbesar di dunia yang di juarai oleh AS akan digantikan oleh China. Pasalnya, Cina diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat untuk menjadi pasar asuransi terbesar di dunia pada pertengahan 2030-an, menurut laporan dari Swiss Re Institute.

China telah mengkonsolidasikan posisinya sebagai pasar asuransi terbesar kedua di dunia pada tahun 2018, dengan total premi mencapai 575 miliar dolar AS. Namun, pasar Tiongkok saat ini masih kurang dari 40 persen dari ukuran pasar A.S. dan juga lebih kecil dari tiga pasar terbesar di Eropa - Inggris, Jerman, dan Prancis – dan sekitarnya.

Kekurangan tersebut berfungsi untuk menyoroti potensi penyerapan. Swiss Re Institute memperkirakan bahwa kawasan Asia-Pasifik akan menyumbang 42 persen dari premi global pada 2029, terutama didorong oleh China.

Pangsa premium global China naik dari nol pada 1980 menjadi 11 persen pada 2018 dan diperkirakan akan mencapai 20 persen pada dekade berikutnya dan kemudian melampaui A.S. sebagai pasar terbesar di pertengahan 2030-an.

Premi asuransi global melampaui angka 5 triliun dolar untuk pertama kalinya pada 2018, setara dengan lebih dari 6 persen produk domestik bruto dunia, kata laporan itu.

Dipimpin oleh pasar negara berkembang, premi asuransi global kemungkinan akan tumbuh sebesar 3 persen secara riil selama dua tahun ke depan. Premi kehidupan akan meningkat sebesar 2,9 persen, jauh di atas rata-rata tahunan 0,6 persen dari 10 tahun sebelumnya, dengan bangkit kembali di Cina sebagai pendorong utama.

Berita Populer