•   Rabu, 18 September 2019
Kuliner

Salurkan CSR, Mayora Grup Tingkatkan Kualitas Jalan Penghubung Desa

( words)
dr kiri: kades kurung M.Rozy, kades sbr banteng Abd Rochim, IRGA dept head mayora grup Tonny Nugraha saat meninjau lokasi peningkatan kualitas jalan.


SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Sebagai salah satu bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR), PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Grup), menyalurkan bantuan melalui bidang infrastruktur berupa peningkatan kualitas jalan penghubung desa, yang terletak di Dusun Krajan, Desa Kurung, Kecamatan Kejayan. Peningkatan jalan penghubung desa yang berlokasi di kawasan ring 1 tempat perusahaan tersebut beroperasi, akan dilaksanakan sepanjang 430 meter. Yang semula berupa paving, akan di cor beton dengan kualitas K-400.

Menurut Tonny Nugraha, selaku Industrial Relation General Affair (IRGA) Dept.Head PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora), program CSR tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan, guna mendorong peningkatan ekonomi warga. "Peningkatan kualitas jalan ini merupakan salah satu program CSR dari PT.Mayora. Dimana akses jalan ini merupakan penghubung antara Desa Kurung dengan Desa Sumber Banteng," jelas Tonny. Masih menurutnya, jalan penghubung desa yang semula memiliki lebar 3,8 meter tersebut, akan dilebarkan menjadi 6 meter. "Saluran irigasi yang terletak di sisi Timur jalan, juga akan kami perlebar dari yang semula 80cm menjadi 1,5m. Sehingga dapat menampung debit air yang lebih banyak, saat musim penghujan," imbuh Tonny.

Seperti diketahui, jalan penghubung desa tersebut dibangun oleh Pemkab Pasuruan melalui Dinas Bina Marga, dengan sistem pavingisasi. "Paving yang kita bongkar, akan dikembalikan ke Pemkab Pasuruan, karena hal tersebut sudah disepakati dalam rakor bersama yang digelar beberapa waktu lalu dengan Muspika Kejayan dan Pemkab Pasuruan," urai Tonny. Agar tidak menghalangi akses masyarakat, teknis pelaksanaan pembangunan akan dilakukan secara bertahap dan separuh badan jalan terlebih dulu.

Sementara itu, M.Rozy selaku Kepala Desa Kurung, mengatakan sangat menyambut baik program CSR dari PT.Mayora tersebut. Dimana peningkatan jalan tersebut diharapkan dapat menjadi daya dukung peningkatan kesejahteraan warga. "Kami mengapresiasi apa yang telah PT.Mayora lakukan, dan berharap dapat diikuti oleh perusahaan lainnya yang berada di Kecamatan Kejayan ini demi kemajuan pembangunan bersama," ujar M.Rozy. Sedangkan Kepala Desa Sumber Banteng Abd.Rochim, menyatakan sangat setuju sekali dengan peningkatan jalan penghubung ini. Karena jalan penghubung ini merupakan akses utama menuju Desa Sumber Banteng. "Masih ada jalur alternatif lain menuju Desa Sumber Banteng, namun warga Desa Sumber Banteng lebih memilih lewat sini, karena jalurnya yang bagus dan mulus. Bila nanti diperlebar, tentunya akan dapat mempermudah bagi warga saya yang mayoritas penduduknya sebagai petani untuk memasarkan hasil pertaniannya," kata Abd.Rochim.‎bet

Berita Populer