•   Selasa, 12 November 2019
SGML

Satu Dari 5 Komisioner KPU Lamongan Yang Baru Adalah Alumni Sunan Drajat

( words)
Ahmad Shohib saat bersama Wakil Presiden Yusuf Kallah saat acara di Jakarta beberapa waktu lalu. FOTO:SP/IST


SURABAYA PAGI, Lamongan - KPU RI resmi mengumumkan komisioner KPU Lamongan yang baru periode 2019-2024. Dari 5 komisioner yang lolos tersebut, satu diantaranya tercatat sebagai alumni santri Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.
Satu dari lima komisioner yang dimaksud adalah Ahmad Shohib. Pria yang pernah nyantri dan menghuni asrama Al Hambali di Ponpes yang diasuh oleh KH. Abd Ghofur ini, seperti yang disampaikan oleh Idham Kholiq teman satu kamar saat di Pondok.
Pria yang kini berdomisili di Desa Labuhan Kecamatan Brondong itu, kata Idham pernah mengenyam pendidikan Madrasah Mu’allimin Mu’allimat setingkat Madrasah Aliyah tahun angkatan 2005.
"Iya Shohib lulus tahun 2005 bareng sama saya, dan dulu juga satu kamar di asrama Al Hambali," kata Idham panggilan akrab Idham Kholiq yang juga pengurus Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (Pessandra) pusat dan Lamongan, Rabu (12/6/2019).
Ketum Pessandra Pusat Sulanam saat dikonfirmasi terpisah mengaku bangga ada alumni santri yang lolos sebagai komisioner KPU Lamongan. Dari komposisi komisioner yang baru ini selain ada yang dari alumni kata Sulanam, juga ada istri dari alumni sunan drajat mereka adalah Dewi Mashlatul Ummah. "Saya ikut bangga ada alumni Pessandra yang bisa lolos menjadi komisioner KPU Lamongan," ujarnya.
Kedepan kata Sulanam yang juga dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya ini, alumni Sunan Drajat harus siap untuk memasuki ruang-ruang publik strategis, agar karyanya bisa memberikan manfaat ke masyarakat lebih luas. "Satu sama lain harus bersinergi, dan saya ucapkan selamat kepada Ahmad Shohib semoga bisa menjalankan amanah ini dengan baik," harapnya.
Sementara itu, sesuai dengan surat keputusan KPU RI tertanggal 11 Juni 2019 memutuskan ke lima komisioner KPU Lamongan yang akan dilantik pada Kamis (13/6/2019) diantaranya Dewi Mashlatul Ummah, Siswanto, Khoirul Anam, Ahmad Shohib, dan Mahrus Ali.
Dari lima itu, dua diantaranya anggota komisioner lama Dewi Mashlatul Ummah, dan Siswanto, dan tiga lainnya orang baru, sedangkan tiga eks komisioner yang lama Imam Ghozali, Nur Salam, dan MH Fatkhur Rohman hanya masuk diurutan calon pengganti.
Siswanto Komisioner lama yang kembali terpilih menyebutkan kalau pelantikan ke lima komisioner KPU Lamongan akan digelar pada Kamis di salah satu Hotel di Surabaya, dan setelah dilakukan pelantikan, selanjutnya ke-lima anggota KPU Lamongan kemudian menentukan ketua dan devisi-devisi. “Diadakan rapat komisioner, bermusyawarah untuk menentukan ketua dan perangkat lainya pasca dilantik,” kata Siswanto.
Usai memilih ketua dan devisi-devisi dalam rapat pleno kata Siswanto, selanjutnya KPU Lamongan akan langsung bekerja dengan menyiapkan tahapan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
“Ya, salah satu tugas Komisioner KPU Lamongan periode 2019-2024 adalah menyiapkan tahapan Pilkada untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lamongan periode mendatang," pungkasnya. jir

Berita Populer